Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Tour de Java 2016

Dari Ulat Sampai Kain Sutra

Bagi Anda yang sedang memcari wisata edukasi yang asyik untuk anak-anak, Rumah Sutera yang berada di Bogor ini bisa jadi pilihan

Dari Ulat Sampai Kain Sutra
TribunnewsBogor.com
TENUN - Seorang wisatawan sedang menenun kain sutra di Rumah Sutera, Bogor. 

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Bagi Anda yang sedang memcari wisata edukasi yang asyik untuk anak-anak, Rumah Sutera yang berada di Bogor ini bisa jadi pilihan. Rumah yang berada di Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor ini memberikan informasi mengenai proses pembuatan kain sutera mulai dari ulatnya.

"Semua prosesnya di sini, dari telur kemudian jadi ulat muda, ulat dewasa, kokon atau kepompong, hingga pupa sempurna," kata bagian administrasi Rumah Sutera, Neneg Agriani, kepadaTribunnewsBogor.com, Rabu (10/2/2016).

Selain peternakan ulat sutera, kokon yang sudah siap juga dipintal dan ditenun di Rumah Sutera hingga jadi kain siap pakai. "Untuk motif batik, kami kerjasama dengan galeri Batik di Cirebon," kata dia.

Pengunjung yang datang ke Rumah Suteran ini, akan diajak melihat semua prosesnya mulai dari perkebunan tanaman murbei yang merupakan makanan ulat, hingga proses tenun. "Ada guidenya juga yang akan memandu pengunjung, dan menjelaskan satu persatu prosesnya," ujarnya.

Setelah melihat proses ulat hingga menjadi kain, pengunjung akan diajak mengunjungi galeri untuk melihat hasilnya yang sudah jadi, mulai dari kain, kerudung, syal, selendang, hingga baju siap pakai. "Untuk biaya kunjungan, kami sediakan paket. Ada paket tour dan makan siang Rp 75 per orang, paket tour dan snack Rp 45 ribu, dan paket tour saja Rp 20 ribu," jelasnya.

Rumah Sutera ini buka sejak pukul09.00-15.00 WIB, setiap Senin-Sabtu. Untuk kunjungan wisata secara rombongan, harus booking dari jauh-jauh hari.

"Jumlahnya minimal 30 sampai 150 orang maksimal, karena kita jaga jangan sampai ulatnya stres kalau terlalu banyak kunjungan," tandasnya.

Untuk menuju ke Rumah Sutera ini, dari Terminal Baranang Siang atau Stasiun Bogor, masuk ke arah Ciapus, lurus terus hingga menemukan Jalan Raya Ciapus. Setelah pertigaan Polsek Tamansari, ambil kanan lurus terus ke arah Highland Park Resort, letaknya ada di sebelah kanan jalan, tepat di seberang Bakso Mas Pri. 

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Ade Mayasanto
  Loading comments...

Berita Terkait :#Tour de Java 2016

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas