Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Tour de Java 2016

Bayar Tol Lebih Praktis Pakai Kartu

Pembayaran bisa lebih praktis bila menggunakan kartu e-toll dari empat bank yakni Bank Mandiri, BCA, BRI, dan BNI.

Bayar Tol Lebih Praktis Pakai Kartu
KOMPAS IMAGES

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sistem pembayaran jalan tol mengalami perubahan drastis dibandingkan tahun-tahun lalu. Pengendara mobil dari Jakarta tujuan Jateng dan seterusnya cukup tiga kali berhenti di gerbang tol.

Sekali untuk mengambil tiket klaster 1, sekali untuk membayar dan mengambil tiket klaster, dan yang terakhir membayar tol di gerbang keluar klaster 2. Total tarif jalan tol dari gerbang tol Cikarang Utama sampai Brebes Timur adalah Rp 164.500.

Pembayaran bisa lebih praktis bila menggunakan kartu e-toll dari empat bank yakni Bank Mandiri, BCA, BRI, dan BNI. Hanya saja, kartu e-toll keluaran BCA belum bisa digunakan di klaster 2 atau Palimanan-Kanci-Brebes Timur.

Sistem pembayaran terintegrasi ini sudah diuji coba oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) sejak 13 Juni lalu. Sistem ini akan siap sepenuhnya ketika pemudik mulai memadati jalan tol di sisi utara Pulau Jawa tersebut.

Integrasi sistem pembayaran jalan tol Jakarta-Brebes Timur yang dibagi dalam dua klaster. Klaster 1 adalah Jalan Tol Jakarta Cikampek, Palimanan-Kanci, dan Cikopo-Palimanan. Sedangkan klaster 2 adalah Jalan Tol Kanci-Pejagan dan Pejagan-Brebes.

Integrasi ini membuat empat gerbang tol tidak dioperasikan yakni gerbang tol Cikopo, Plumbon, Ciperna, dan Mertapada. Sedangkan gerbang tol Palimanan menjadi gerbang tol transisi antara jalan tol klaster 1 dan 2.

Sebagai gambaran, sebelum integrasi, kendaraan dari Jakarta yang menuju Brebes Timur harus berhenti di tujuh gerbang tol yakni Cikarang Utama, Cikopo, Palimanan, Plumbon, Ciperna, Mertapada, Brebes Timur.

Setelah integrasi, kendaraan hanya perlu tiga kali berhenti. Pertama di gerbang Cikarang Utama untuk mengambil kartu ataupun tapping e-toll. Pemberhentian kedua adalah gerbang tol Palimanan untuk membayar tarif tol klaster 1 Jakarta-Palimanan sebesar 109.500 sekaligus ambil tiket atau tapping untuk klaster 2. Adapun tarif tol Palimanan-Brebes Timur adalah Rp 55.000. (*)

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Achmad Rafiq
Editor: Ade Mayasanto

Berita Terkait :#Tour de Java 2016

  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas