Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version
Home »

Travel

»

News

Radja Pendapa Adalah Sebuah Pilot Project Kawasan Hutan Ini Disulap Jadi Kawasan Instagramable

Pasar Karetan yang berada di Radja Pandapa Camp, Kendal, Jawa Tengah, menjadi percontohan di Pra Rakornas I Kemenpar, di Hotel Harris Vertu, Jakarta,

Radja Pendapa Adalah Sebuah Pilot Project Kawasan Hutan Ini Disulap Jadi Kawasan Instagramable
generasipiknik.com
Suasana Radja Pendapa 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasar Karetan yang berada di Radja Pandapa Camp, Kendal, Jawa Tengah, menjadi percontohan di Pra Rakornas I Kemenpar, di Hotel Harris Vertu, Jakarta, Senin (12/3/2018). 

Pasar besutan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Jateng ini, menjadi referensi bagaimana membuat destinasi digital. Mulai dari awal hingga berkelanjutan. 

"Bagaimana membuat tempat yang dulu sepi, sekarang ramai. Tempat yang dulunya biasa saja, sekarang masyarakatnya sadar pariwisata. Ini merupakan ide sebuah tantangan. Yaitu untuk membuat kopdar rutin, terinspirasi dari berbagai pasar di luar negeri yang unik-unik. Seperti mall Marceau Market Perancis, Eat & Eat Gandaria dan lain-lain," urai Ketua Pelaksana Pasar Karetan, Mei Kristianti.

Radja Pendapa adalah sebuah pilot project. Kawasan hutan ini, disulap GenPI menjadi kawasan Instagramable melalui Pasar Karetan. Dan berubah menjadi destinasi digital. Pasar zaman now ini juga bekerjasama dengan pemerintah daerah dan pemilik pribadi. Setelah itu, sosialisasi gencar dilakukan ke penduduk.

"Konsepnya harus yang Instagramable, dari 360 derajat harus bagus. Itu mempengaruhi orang untuk datang lagi. Dekorasi harus bagus. Agar terlihat kece buat foto-foto," kata Mei.

Selain itu, harus digencarkan sosialisasi ke media sosial. Mei menegaskan followers harus banyak, dan harus asli bukan hasil dari beli akun media sosial.

”Pengunjung Pasar Karetan bisa mencapai 4 ribu orang. Kalau tidak asli, tidak akan bisa sebanyak itu," ungkapnya.

Berikutnya, melakukan kurasi terhadap lapak-lapak yang akan berjualan di destinasi digital. Lapak harus sesuai dengan konsep pasar yang telah ditentukan. Pasar Karetan misalnya, makanan yang dijual jarang ditemui di tempat biasa.

"Ada Role and Play. Mereka tampilannya seperti apa? Dagangan lapak harus enak, dan harganya juga harus bersahabat," tutur Mei.

Selain lapak jualan, juga harus ada aktivitas lainnya yang menarik. Seperti ada dolananan anak tradisional semacam bakiak, enggrang, panahan, dan sebagainya.

  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas