Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Masuk Daftar Makanan Penutup Terbaik di Dunia, CNN Sebut Cendol dari Singapura

Cairan hijau yang kaya ini terbuat dari jeli tepung beras hijau. Warna hijau terang itu dari jus pandan yang diesktrak dari daun pinus sekrup tropis.

Masuk Daftar Makanan Penutup Terbaik di Dunia, CNN Sebut Cendol dari Singapura
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Pelayan melayani warga yang membeli cendol di Toko Es Cendol Elizabeth, Jalan Inhoftank, Kota Bandung, Selasa (29/5/2018). Selama Ramadan, produksi cendol di toko milik H Rohman (60) ini meningkat sepuluh kali lipat dibanding hari biasa. Sehari memproduksi 1.500 liter yang kemudian dikemas per liter dalam plastik dijual Rp 16.000 dan dalam dalam kemasan gelas plastik dijual Rp 5.000. Minuman khas Sunda terbuat dari tepung beras yang disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan itu cocok untuk santapan berbuka puasa. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM - CNN Internasional merilis daftar makanan penutup atau manis terbaik di dunia. Dari 50 makanan penutup tersebut, ada cendol yang mewakili Singapura.

Minuman es yang dibuat dari campuran santan, gula merah, dan cendol yang terbuat dari tepung tapioka, tepung beras, dan air perasan daun pandan ini ternyata banyak disukai orang.

Di sore hari yang panas di Singapura, penduduk setempat mendinginkan diri dengan makanan manis, dingin, dan lembut ini (cendol).

Menjadi favorit di restoran tepi pantai atau gerobak di trotoar. Es santan, diberi sirop gula aren, yang memberi sensasi rasa berasap, rasa karamel.

Cairan hijau yang kaya ini terbuat dari jeli tepung beras hijau. Warna hijau terang itu dari jus pandan yang diesktrak dari daun pinus sekrup tropis.

"Versi pencuci mulut yang dingin ini dapat ditemui di berbagai tempat di Asia Tenggara, tetapi dengan tambahan satu sendok kacang merah yang dimaniskan, Singapura memberi camilan klasik ini terus menggoda," tulis CNN.

Baca: Netizen Malaysia Sewot dan Klaim Cendol dari Negaranya, Apa Reaksi Indonesia?

Uniknya daftar tersebut tidak menuliskan peringkat makanan, melainkan diurutkan berdasarkan abdjad. Rata-rata juga merupakan resep klasik atau makanan manis yang ikonik dan sudah terkenal sejak dahulu di negara tersebut.

"Banyak dari daftar ini bukanlah makanan penutup sama sekali, lebih sering dimakan sebagai camilan sore. Ide menyajikan makanan manis di akhir hidangan relatif baru. Di beberapa tempat termasuk Afrika dan Asia, makanan penutup adalah produk impor asing," tulis CNN.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "50 Makanan Penutup Terbaik di Dunia Versi CNN, Cendol Disebut dari Singapura "

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas