Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Libur Tahun Baru Imlek

Selalu Identik dengan Tahun Baru Imlek, Ini Nih Asal Usul Tarian Barongsai

Besok, Selasa (5/2/2019), masyarakat Tionghoa akan merayakan Tahun Baru Imlek 2570. Ada banyak hal nih yang pasti akan kita temukan di musim perayaan

BizzInsight
Selalu Identik dengan Tahun Baru Imlek, Ini Nih Asal Usul Tarian Barongsai
dok. Ancol
Barongsai Bawah Laut 

TRIBUNNEWS.COM – Besok, Selasa (5/2/2019), masyarakat Tionghoa akan merayakan Tahun Baru Imlek 2570.

Ada banyak hal nih yang pasti akan kita temukan di musim perayaan Tahun Baru Imlek ini. Mulai dari warna merah, lampion, angpao, hingga pertunjukan barongsai.

Tahukan kamu asal usul Barongsai ini? Ada banyak versi terkait asal usul Barongsai ini. Dilansir dari kompas.com, salah satu versinya adalah Barongsai berasal dari kepercayaan leluhur China. Hal ini disebutkan dalam buku 5000 Tahun Ensiklopedia Tionghua 1 karya Christine dan Kawan-Kawan, terbitan St Dominic Publishin thaun 2015.

Mereka percaya kalau setiap awal tahun adalah masa dimana para dewa dan dewi kembali ke kayangan untuk melapor ke Kaisar Langit. Momen dimana dewa dan dewi perdi dari bumi ini kemudian dimanfaatkan roh-roh jahat di dunia untuk berulah semakin ganas, karena tidak ada yang mengendalikan mereka.

Makanya, sebelum dewa dan dewi pergi ke kayangan, diadakan dulu tarian barongsai yang sebelumnya sudah diberkati di kelenteng. Tarian barongsai ini ditujukan untuk mengusir setan dan roh jahat tersebut.

ancol-25119-2
Barongsai air.

Makanya, kebiasaan ini masih dipertahankan hingga sekarang, dengan harapan bisa mengusir roh jahat dan setan di momen tahun baru Imlek ini.

Banyak tempat seperti mall, hotel, hingga restoran yang menampilkan kesenian asli Tiongkok ini untuk menghibur masyarakat.

Salah satunya Sea World Ancol yang menampilkan kisah “The Legend of 12 Shio”. Hal itu karena perayaan tahun baru China memang tidak lepas dari pergantian Shio yang digambarkan dengan 12 Hewan.

Pertunjukan “The Legend of 12 Shio” yang menceritakan kisah Perguruan Yin dan Yang menjaga 12 Shio dengan penampilan spesial Naga Liong dan Barongsai Underwater.

Pertunjukan yang dikemas selama 15-20 menit ini merupakan sajian utama di Sea World Ancol.

Penampilan Naga Liong dan Barongsai di dalam akuarium mendapat sambutan baik dan antusias tinggi dari masyarakat yang menyaksikannya. Penampilan barongsai di dalam akuarium besar ini adalah suatu hal yang unik dan menakjubkan.

Soalnya, butuh keahlian khusus untuk bisa memainkan Naga Liong dan Barongsai di dalam air, dan para penyelam Sea World mampu melakukannya.

Bagi kamu yang belum sempat menyaksikan pertunjukan “The Legend of 12 Shio” pada 2-5 Februari 2019 lalu, maka jangan khawatir, karena akan ada pertunjukan khusus penampilan Naga Liong dan Barongsai Underwater pada 9-10 Februari 2019.

Yuk tunggu apalagi, saksikan penampilan Naga Liong dan Barongsai underwater dengan berkunjung ke Sea World Ancol, dan jadikan liburan keluarga anda lebih menyenangkan dan berkesan.

Penulis: Dessita Chairani

Ikuti kami di
Add Friend
  Loading comments...
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas