Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Blog Tribunners

7 Buah Penurun Kolesterol Tinggi Secara Cepat

Buah-buahan segar dapat menurunkan kolesterol dengan cara alami, meskipun prosesnya berlangsung lebih lambat dibanding...

7 Buah Penurun Kolesterol Tinggi Secara Cepat
ISTIMEWA
Kulit pisang 
TRIBUNNERS - Ada banyak cara yang dilakukan oleh penderita kolesterol tinggi dalam menurunkan kolesterol, diantaranya dengan mengatur pola makan sehat, salah satu caranya dengan mengonsumi buah penurun kolesterol.
 
Ya, buah-buahan segar dapat menurunkan kolesterol dengan cara alami, meskipun prosesnya berlangsung lebih lambat dibanding menggunakan obat penurun kolesterol, namun dengan mengonsumsi buah akan didapatkan hasil yang lebih memuaskan karena lebih aman dan tanpa efek samping.
 
Lantas, apa saja buah yang dapat menurunkan kolesterol jahat? berikut akan kami rangkumkan untuk Anda dan jangan khawatir! karena ada banyak jenis buah, ketika Anda tidak menyukai salah satu atau beberapa, Anda dapat memlilih alternatif buah yang lainnya.
 
 1. Alpukat
Selama ini ada anggapan bahwa alpukat adalah buah yang mengandung banyak lemak dan tidak baik untuk kesehatan. Alpukat memang mengandung banyak lemak, yaitu sekitar 16 persen. Tetapi lemak pada alpukat adalah lemak yang menyehatkan, karena 63% penyusunnya adalah asam lemak tak jenuh, terutama asam lemak tidak jenuh tunggal.
 
Mengonsumsi alpukat justru akan membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang sangat buruk bagi kesehatan.
 
Lemak tak jenuh pada alpukat berfungsi sebagai antioksidan yang berkhasiat menjaga pebuluh darah kita dari kerusakan arteri akibat penumpukan kolesterol LDL (low density lipoprotein).
 
Selain sebagai buah penurun kolesterol, alpukat juga sangat baik bagi penderita diabetes karena mengandung banyak omega-9 dan serat. Omega-9 dan serat ini berkhasiat menjaga kadar gula darah dalam tubuh kita.
 
2. Tomat
Selain Alpukat, tomat juga termasuk buah penurun kolesterol yang paling ampuh. Bahkan laporan riset di jurnal Maturitas menyebutkan, tomat yang sudah dimasak memiliki khasiat yang hampir sama dengan obat kimia penurun kolesterol seperti statin (obat gangguan jantung).
 
Bedanya, tomat tidak memberi efek samping yang buruk seperti sakit otot, lemas dan bahkan kerusakan saraf
 
Rahasia khasiat tomat ini ada pada senyawa likopen yang memberi warna merah pada tomat matang. Likopen merupakan antioksidan penting yang berkhasiat mengurangi resiko stroke dan serangan jantung. Selain likopen, tomat juga mengandung kalium dan vitamin B yang mampu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.
 
Untuk mendapatkan kandungan likopen terbaik, tomat sebaiknya dimasak terlebih dahulu karena likopen akan menjadi lebih mudah diserap oleh tubuh. 50 gram pasta atau setengah liter sari buah tomat akan memberikan perlinduangan dari sakit jantung.
 
3. Jeruk nipis
Buah satu ini memang tidak tidak terlalu banyak dikonsumsi secara langsung. Jeruk nipis lebih banyak digunakan sebagai teman minum atau dicampur dalam masakan.
 
Jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid yang berkhasiat menghambat produksi kolesterol LDL, sehingga otomatis akan mengurangi resiko serangan jantung. Selain pada jeruk nipis, flavonoid juga banyak ditemui pada teh, tomat, brokoli, kedelai, delima, serta bawang merah dan bombay.
 
Untuk menikmati jeruk nipis, cukup dengan mengiris-iris tipis dan masukan ke dalam gelas. Tuang air panas dan tunggu 30 menit, lalu diminum sampai habis. Sebaiknya diminum dua kali sehari, pagi dan malam. Jangan khawatir dengan perut Anda, karena jeruk nipis tidak akan membuat lambung jadi perih.
 
4. Semangka 
Siapa yang tak kenal buah segar yang satu ini, selain dapat menghilangkan dahaga dengan cepat, ternyata semangka juga termasuk dalam daftar buah penurun kolesterol. Hal ini dikteahui karena dalam buah semangka terkandung likopen seperti halnya pada tomat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. 
 
5. Apel 
Buah yang satu ini memang terkenal menyehatkan, dan sekarang kita tahu bahwa apel merupakan salah satu buah penurun kolesterol karena kandungan zat beta-glucan yang berperanan dalam mengontrol produksi kolesterol.
 
Apel juga sebagai sumber serat larut yang dapat menurunkan kolesterol dan mencegah arteri mengeras serta melindungi tubuh terhadap serangan jantung dan stroke. Kita bisa menikmati buah ini sambil mendapatkan manfaatnya dengan cara di makan langsung atau berupa jus.
 
Apel juga bisa dibuat cuka. Mengonsumsi cuka apel secara rutin dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Di samping itu, buah apel merupakan buah ampuh untuk penderita diabetes dan cuka apel diketahui dapat meningkatkan sensitivitas insulin penderita diabetes tipe-2. 
 
6. Buah Pir
 
Buah ini merupakan sumber serat larut air yang sangat baik (serat larut dan membentuk substansi) – seperti gel termasuk pektin. Dan meskipun apel biasanya memilik kandungan pektin yang tinggi, pir sebenarnya memiliki pektin lebih tinggi. Karena itu, pir menjadi salah satu buah penurun kolesterol. Pektin dalam pir juga membantu pemebersihan usus dan melancarkan buang air besar. 
 
7. Pisang 
Pisang merupakan sumber yang baik dari serat makanan, yang dapat membantu mengurangi low-density lipoprotein – LDL atau kolesterol “jahat”. Selain itu, kalium dalam pisang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan pada gilirannya, dapat menurunkan kolesterol jahat dan menyehatkan jantung.
 

Selengkapnya

  Loading comments...
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas