Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Blog Tribunners

Makanan yang Bisa Sembuhkan Kolesterol Tinggi

Mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu Anda mengurangi tingkat kolesterol dalam darah.

Makanan yang Bisa Sembuhkan Kolesterol Tinggi
Tribun Jambi/Teguh Suprayitno
Ikan bakar. 
TRIBUNNERS - Mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu Anda mengurangi tingkat kolesterol dalam darah.
 
Kolesterol sudah bukan lagi hanya menjadi masalah orang tua, bahkan pada usia muda pun seseorang bisa menderita kolesterol. Penyebabnya beragam dan salah satunya adalah kurang mengonsumsi makanan sehat
 
Banyak mengonsumsi makanan cepat saji dapat meningkatkan kadar kolesterol. Jika kolesterol sudah bersarang di tubuh kita maka dapat menyebabkan serangan jantung, stroke dan beberapa penyakit lainnya.
 
Jika Anda sudah terlanjur menderita kolesterol tinggi, sudah seharusnya Anda menjaga makanan dengan mengonsumsi makanan sehat.
 
Perlu dipahami bahwa dalam darah kita terdapat dua macam kolesterol, yaitu kolesterol baik dan jahat, jika kadarnya seimbang maka tubuh tetap sehat, namun apabila kolesterol jahat lebih tinggi, maka akan timbul masalah penyakit kolesterol.
 
Oleh sebab itu menjaga keseimbangan kolesterol baik dan jahat sangatlah penting untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.
 
Diet sehat dapat membantu menurunkan keinginan berlebihan terhadap makanan yang mengandung kolesterol tinggi, dan menurunkan kolesterol jahat, menjaga kolesterol baik, serta membantu menurunkan risiko stroke dan serangan jantung.
 
Jika Anda sudah menerapkan pola makan dengan makanan bebas kolesterol, maka teruslah pertahankan. Namun jika tidak, mulai sekarang konsumsilah 10 jenis makanan sehat untuk penderita kolesterol tinggi berikut ini. 
 
1 Beras dan Biji-bijian 
kacang-kacangan makanan bebas kolesterol Ini merupakan jenis makanan bebas kolesterol yang banyak tersedia dan bahkan menjadi makanan pokok. Kacang-kacangan, beras dan roti, banyak mengandung pati dan hanya memiliki sedikit atau tidak ada kolesterol di dalamnya dengan catatan tidak ada penambahan bahan yang mengandung lemak selama pengolahan. 
 
2 Kentang 
kentang rendah kolesterol Kentang adalah salah satu makanan bebas kolesterol. Seperti roti dan kacang, meskipun kita harus berhati-hati bagaimana kentang siapkan, karena kebanyakan kentang disajikan dalam bentuk kentang goreng yang memiliki kandungan kolesterol yang rendah, tetapi tinggi lemak. Ketika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi dan ingin mengonsumsi makanan ini, maka yang terbaik adalah kentang goreng atau kentang panggang. 
 
3 Jamur 
jamur makanan untuk penderita kolesterol Jamur merupakan pilihan yang cocok sebagaii makanan bebas kolesterol. Secara tersendiri jamur bisa menjadi makanan untuk penderita kolesterol tinggi asalkan tidak ada pencampuran bahan yang mengandung lemak dalam penyiapan ataupun penyajian.
 
4 Tahu tahu penurun kolesterol Tahu bukanlah pilihan utama sebagai makanan untuk penderita kolesterol tinggi, namun ketika itu dimasak dengan benar, dapat menjadi pengganti yang baik untuk daging di banyak hidangan. Tahu yang memiliki struktur seperti spons, dapat menyerap rempah-rempah, bumbu-bumbu dan menambah kekayaan hidangan serta menciptakan rasa enak dalam setiap hidangan.
 
5 Kacang-kacangan
Kacang bisa mengurangi kolesterol dalam darah karena mengandung protein, vitamin E, lemak tak jenuh, magnesium, serat, dan kalium. Anda bisa menurunkan kolesterol Anda sebanyak 5 % jika mengonsumsi sekitar 1-2 ons kacang-kacangan dalam sehari.
 
6 Ikan dan asam lemak omega 3
Ikan seperti salmon, makarel, tuna, dan sarden mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Omega 3 memang tidak berpengaruh pada kadar kolesterol jahat (LDL) darah, tapi dapat menurunkan risiko terbentuknya bekuan darah. Konsumsilah setidaknya dua hingga tiga kali dalam seminggu. Omega 3 mengurangi kemungkinan munculnya serangan detak jantung tidak beraturan serta mengurangi kadar trigliserida dalam darah.
 
7 Jelai dan oat. 
Mengonsumsi lebih banyak  kedua jenis makanan ini bisa mengikat kolesterol dalam usus dan mencegahnya diserap oleh tubuh. Hal ini terjadi karena kedua jenis makanan ini mengandung serat yang disebut beta glukan.
Konsumsi sekitar 3 gram makanan yang kaya akan beta glukan dalam sehari dipercaya dapat mengurangi kolesterol dalam tubuh. Selain kedua jenis makanan ini , kacang merah juga mengandung serat larut. Anda bisa menjadikan bubur oat sebagai sarapan dan mencampurkannya dengan buah seperti pisang untuk menambahkan kadar serat dalam makanan Anda.
 
Itulah beberapa makanan yang diketahui mampu menurunkan kolesterol tinggi secara alami tanpa efek samping. Sekian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menjadi perantara kesembuhan anda aamiin.
 

Selengkapnya

  Loading comments...
berita POPULER
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas