Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Blog Tribunners

Ketahui Pantangan Penderita Penyakit Asam Lambung

Pantangan asam lambung tidak diketahui banyak orang. Ini karena banyak penderita asam lambung yang tidak tahu persis apa yang seharusnya tidak mereka

Ketahui Pantangan Penderita Penyakit Asam Lambung
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi. 
TRIBUNNERS - Pantangan asam lambung tidak diketahui banyak orang. Ini karena banyak penderita asam lambung yang tidak tahu persis apa yang seharusnya tidak mereka konsumsi.
Selanjutnya, setelah makan makanan, perutnya terasa melilit dan diremas. Asam lambung memiliki berbagai pantangan. Baik dari sisi makanan maupun dari segi minuman.
Hal ini karena pantang dilanggar, akibatnya, penderita asam lambung bisa terkena penyakit lambung kronis dan sulit disembuhkan. 
Proses terjadinya asam lambung
Banyak yang tidak tahu apa itu penyakit asam lambung dan bagaimana proses terjadinya asam lambung.
Asam lambung adalah penyakit lambung yang disebabkan oleh peningkatan produksi asam lambung di perut manusia persis di bagian lambung. Cara terjadinya asam lambung adalah sebagai berikut:
 1. Makanan masuk ke lambung melalui kerongkongan. Esophagus adalah organ tubuh yang memiliki celah sempit.
2. Makanan tertentu dengan kadar lemak tinggi, kadar asam tinggi tidak bisa ditolereansi oleh lambung. Keasaman yang bisa ditoleransi lambung adalah pH 2.0.
3. Tingkat asam di bawah pH 2,0 membuat asam lambung tidak mampu menghasilkan enzim yang mencerna protein.
4. Hasilnya adalah dinding lambung menghasilkan cairan yang berlebihan. Kelebihan cairan adalah asam lambung.
5. Jika asam lambung mengandung kelebihan cairan dan tidak berkurang dengan sendirinya, seseorang terkena asam lambung.
Berikut Ini Ada Beberapa Pantangan Bagi Penderita Asam Lambung : 
1. Hindari Makanan Yang Mengandung Banyak Gas
Makanan yang mengandung banyak gas sangat tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Hal itu dikarenakan penderita asam lambung jika mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gas akan membuat asam di dalam lambung menjadi naik.
Contohnya seperti sawi, kol, nangka dan pisang ambon.
2. Hindari Makanan Asam
Makanan asam mengandung acid reflux yang bisa meningkatkan kadar asam lambung di dalam perut. Makanan yang asam bisa memicu refluks asam dan juga bisa memperburuk sakit maag.
Kadar keasaman dengan batas tertentu tidak bisa ditoleransi oleh lambung akibatnya lambung akan semakin banyak cairannya setelah mengkonsumsi makanan asam.
Contohnya seperti acar, cuka, asinan, dah buah yang asam.
3. Hindari Makanan Pedas
Makanan yang memiliki rasa pedas akan bisa membuat iritasi lambung. Selain bisa untuk mengiritasi lambung, makanan yang pedas bisa membuat penderita lambung tidak nyaman. 
Contohnya seperti saos cabai. tomat dan makanan yang mengandung merica secara berlebihan.
4. Hindari Buah-Buahan Tertentu Yang Tidak Boleh Dikonsumsi
Makanan yang memiliki rasa pedas akan bisa membuat iritasi lambung. Selain bisa untuk mengiritasi lambung, makanan yang pedas bisa membuat penderita lambung tidak nyaman.
Contohnya seperti buah kedondong, nanas dan belimbing.
5. Hindari Jenis Makanan Yang Mengandung Alkohol
Berbagai macam kue tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung, hal itu dikarenakan ada jenis kue yang sulit dicerna oleh lambung sehingga membuat lambung terlambat untuk mengosongkan isinya.
Pengosongan lambung yang terlambat membuat lambung memiliki peregangan yang meningkat dan akhirnya bisa meningkatkan asam naik dengan cepat di dalam lambung. Contohnya seperti kue tar dengan penuh krim, kue keju, dan kue coklat.
6. Hindari Jenis Minuman Yang Menjadi Pantangan Asam Lambung
Dari berbagai macam jenis minuman ada yang tidak boleh di konsumsi karena kandungan di dalamnya bisa membuat lambung bereaksi dan teriritasi. Contohnya seperti kopi, minuman berenergi, dan minuman soda serta minuman berakohol.

Selengkapnya

  Loading comments...
berita POPULER
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas