Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Benarkah Ahok “Satrio Piningit”?

Di tulisan ini giliran saya juga sengaja memilih gunakan rujukan ramalan Prabu Jayabaya tentang apa dan siapa Satrio Piningit

Benarkah Ahok “Satrio Piningit”?
tribunnews.com
Ahok 

Oleh: Alex Palit

Untuk tidak dibilang peramal atau dukun politik. Sebagaimana dalam tulisan saya berjudul “Satrio Kinunjoro Murwo Kuncoro Dari Bung Karno Kini Ahok” di Tribunnews.com (14/11) yang gunakan rujukan ramalan pujangga Ranggawarsita tentang apa dan siapa “satrio kinunjoro murwo kuncoro”.

Di tulisan ini giliran saya juga sengaja memilih gunakan rujukan ramalan Prabu Jayabaya tentang apa dan siapa Satrio Piningit.

Adapun prihal judul artikel “Benarkah Ahok Satrio Piningit” mengacu sebagaimana tafsir teks ramalan Jayabaya tentang apa Satrio Piningit.   

Dalam ramalan Jayabaya disebutkan bahwa satrio piningit itu adalah sosok ksatria pilihan yang akan muncul bersamaan puncak terjadinya goro-goro gonjang-ganjing zaman edan.

Di sini saya sengaja tidak ingin mengurai panjang lebar apa yang dimaksud “Zaman Edan” munurut ramalan Jayabaya, dan apa yang dimaksud dengan zaman “Kalabendu” menurut ramalan pujangga Ranggawarsita.

Pastinya pembaca sudah banyak yang paham dengan ungkapan istilah tersebut.  

Di sini justru saya ingin mengajukan pertanyaan benarkah hura-hura pesta demokrasi Pilkada DKI Jakarta 2017 yang dikatakan sebagai pilkada rasa pilpres menandai fenomena zaman edan kalau kita merujuk sebagaimana diurai di ramalan Jayabaya atau Ranggawarsita.

Munurut ramalan Jayabaya maupun Ranggawarsita, pada saat gonjang-ganjing zaman edan (kalabendu) ini mencapai peuncaknya, di situ disebutkan, saat itu akan muncul ksatria pencerah yaitu satrio piningit, figurisasi sosok pemimpin yang dirindukan rakyat.

Dalam ramalan Jayabaya disebutkan bahwa satrio piningit adalah sosok kesatria yang berjiwa atau memiliki tiga karakter; “Satria Bayangkara”, “Satria Panandita”, dan “Satria Raja”.

  Loading comments...
berita POPULER
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas