Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Yenny Wahid, Cagub Jatim atau Cawapres?

Panggung politik menjelang pilkada selalu bergerak dinamis pada menit-menit terakhir.

Yenny Wahid, Cagub Jatim atau Cawapres?
Ist for ribunnews.com
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto diketahui melakukan pertemuan tertutup dengan Direktur Wahid Foundation Yenny Wahid, Selasa (26/12/2017) sore, di kediaman Prabowo di Jakarta. 

Oleh: Faisal Haq
Alumni Filsafat UGM, Wartawan Anggota PWI

TRIBUNNEWS.COM - Panggung politik menjelang pilkada selalu bergerak dinamis pada menit-menit terakhir. Itu pula yang terjadi saat ini, ketika jadwal pendaftaran pasangan calon (cagub-cawagub, cabup-cawabup, cawali-cawawali) sudah di depan pintu.

Sesuai jadwal KPU, pendaftaran para calon kepala daerah peserta pilkada serentak gelombang ketiga itu akan dilakukan pada 4 sampai 8 Januari 2018. Dus, hanya tinggal hitungan jam.

Tulisan ini akan fokus membahas dinamika ’last minute’ yang terjadi di Jawa Timur menjelang hajatan pilgub, Juni nanti. Kita tahu, sejauh ini ada dua bakal cagub-cawagub yang sudah dipastikan akan tampil dalam palagan di provinsi pemilik suara terbanyak kedua di Tanah Air – setelah Jawa Barat.

Mereka adalah pasangan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul (Wakil Gubernur Jatim)-Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi) yang didukung PDI Perjuangan dan PKB dengan total kepemilikan 39 kursi; serta duet Khofifah Indar Parawansa (Menteri Sosial)-Emil Elestianto Dardak (Bupati Trenggalek) yang diusung Partai Golkar, Partai Demokrat, Nasdem, Hanura dan PPP dengan total kepemilikan 38 kursi.

Baca: Gerindra Sebut Yenny Wahid Bisa Jadi Calon Alternatif di Pilgub Jatim

Masih ada tiga parpol yang belum resmi mengumumkan dukungan: Partai Gerindra, PAN, dan PKS. Ada dugaan, ketiga parpol akan kembali berkoalisi – seperti mereka lakukan di lima provinsi lain – dengan memunculkan petarung tangguh. Khusus di Jatim, ketiga parpol bahkan digadang mampu menciptakan poros baru dengan mengusung cagub yang sekaliber Gus Ipul dan Khofifah. Siapa dia?

Satu nama yang santer disebut, tak lain, Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid alias Yenny Wahid. Putri presiden keempat RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu memantik perhatian dan langsung menyemarakkan ”lantai bursa” usai melakukan pertemuan tertutup dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di kediamannya, 26 Desember lalu.

Bukan spekulasi politik biasa, tentunya. Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad telah mengkonfirmasi soal itu. Ia membenarkan, partainya memang sedang mempertimbangkan Yenny sebagai salah satu bakal calon gubernur untuk Pilgub Jatim. Ia menjadi calon alternatif dari beberapa nama yang sudah lebih dulu masuk radar partainya.

Selain Yenny, menurut Dasco, Gerindra juga menimbang nama lain, termasuk Gus Ipul dan Khofifah di samping Bupati Bojonegoro Suyoto dan anggota DPR RI Moreno Soeprapto.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Hasanudin Aco
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas