Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Pilpres 2019

Menimbang Prabowo-TGB

Di DPR RI, Demokrat memiliki 61 kursi (10,19%), PAN 49 kursi (7,59%), PKB 47 kursi (9,04%), dan PKS 40 kursi (6,79%).

Menimbang Prabowo-TGB
Tribunnews.com

Oleh: H. Sopyan Iskandar

TRIBUNNEWS.COM - Teka-teki itu terjawab sudah. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menerima mandat partainya sebagai calon presiden 2019 dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (11/4/2018).

Kini, 08 – sebutan untuk Prabowo di kalangan Gerindra – tinggal membangun koalisi mengingat suara Gerindra dengan 73 kursi dari 560 kursi di DPR RI (11,81%) hasil Pemilu 2014, tak memenuhi presidential threshold (ambang batas pencalonan presiden) 20%.

Selain dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang sudah “paten”, 08 kini menjajaki koalisi dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

PAN, meski menempatkan kadernya di Kabinet Kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo namun chemistry-nya lebih ke 08, apalagi pernah berkoalisi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 di mana Ketua Umum PAN saat itu, Hatta Rajasa, menjadi calon wakil presiden dari 08.

PKB, pun menempatkan kadernya di Kabinet Kerja, juga masih bisa “dikilik”, terutama jika ketua umumnya, Muhaimin Iskandar, yang menyodor-nyodorkan diri sebagai cawapres bagi Jokowi, tak jadi dipinang.

Bagaimana dengan Partai Demokrat yang selama ini memosisikan diri sebagai penyeimbang? Chemistry 08 dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak sebangun. Sudah bukan rahasia lagi bahwa semasa aktif di TNI, terjadi rivalitas di antara keduanya. Mungkin karena itulah Demokrat tak diundang dalam Rakornas Gerindra kemarin.

Tetapi, di dalam politik ada agadium “tak ada kawan atau lawan abadi, yang abadi adalah kepentingan”.

Jika 08 meminang Zainul Majdi, Gubernur Nusa Tenggara Barat yang juga Ketua DPD Partai Demokrat NTB, akrab dipanggil Tuan Guru Bajang (TGB), maka bisa jadi Demokrat mau berkoalisi dengan Gerindra.

Bagaimana dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang selama ini digadang-gadang Demokrat?

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Hasanudin Aco
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...

Berita Terkait :#Pilpres 2019

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas