Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Jangan Takut Ujian Nasional

Bulan April dan Mei 2018 dilaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk SMA/SMK sederajat dan SMP sederajat dan Ujian Nasional Berbasis Se

Jangan Takut Ujian Nasional
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Siswa SMAN 10 berdoa sebelum mengikuti UNBK, Senin (9/4). Sebanyak172.102 siswa dari 1.491 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 100.237 siswa dari 1.630 Madrasah Aliyah (MA) di Jawa Timur mengikuti UNBK serentak yang berlangsung hingga 12 April. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

Ditulis oleh: Hardianto, S.Pd., M.Pd , Dosen Univ. Pasir Pengaraian dan Mahasiswa S3 MP Univ. Negeri Jakarta

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bulan April dan Mei 2018 dilaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk SMA/SMK sederajat dan SMP sederajat dan Ujian Nasional Berbasis Sekolah (UNBS) untuk tingkat SD/MI.

Ujian Nasional menjadi persyaratan bagi peserta didik untuk menyelesaikan pendidikan dalam satu jenjang pendidikan. Setiap pelaksanaan Ujian Nasional biasanya selalu menghadirkan ceritanya tersendiri.

Bagi sebagian sekolah, guru maupun peserta didik, Ujian Nasional seperti sebuah momen berat yang harus dilewati.

Ujian nasional menjadi sesuatu yang ditakuti tetapi harus dihadapi. Padahal sebuah ujian hanyalah kegiatan biasa yang ditempuh untuk melihat keberhasilan program pendidikan/ pembelajaran yang telah dilaksanakan. Tanpa ujian tentu saja akan sulit mengukur keberhasilan kegiatan belajar mengajar yang telah dilaksanakan.

Tiga hal yang bisa dilakukan sekolah, guru dan peserta didik dalam menghadapi Ujian Nasional adalah:

1) Pahami bahwa Ujian Nasional bukanlah kompetisi

Salah satu pengertian Ujian Nasional adalah sistem evaluasi standar pendidikan secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh pusat penilaian pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003. Pengertian ini jelas tidak menyatakan bahwa semua daerah memiliki kewajiban untuk bisa mewujudkan hasil ujian yang tinggi.

Hasil Ujian Nasional akan dapat memetakan pendidikan secara nasional. Pemetaan ini nantinya yang akan menghasilkan kebijakan untuk pembenahan dan perbaikan.

Pelaksanaan Ujian Nasional yang jujur tentu menghasilkan data yang akurat sehingga keputusan/kebijakan yang diambil akan tepat sasaran.

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Samuel Febrianto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas