Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Memaknai Kembali Perjuangan Para Pahlawan Perempuan

Beliau dengan gigih memperjuangkan hak seorang perempuan agar tidak diperlakukan "underestimated"oleh kaum laki-laki.

Memaknai Kembali Perjuangan Para Pahlawan Perempuan
Tribunnews.com
Ketua Umum KOWANI, Giwo Rubianto Wiyogo. 

Oleh: Dr. Hj. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo
Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia/Kowani

TRIBUNNEWS.COM - Sejarah RA Kartini, adalah sejarah perjuangan perempuan Indonesia.

R.A Kartini adalah pelopor emansipasi wanita. Beliau dengan gigih memperjuangkan hak seorang perempuan agar tidak diperlakukan "underestimated"oleh kaum laki-laki.

Meski gaung peringatan RA Kartini terus muncul setiap tahun, namun spirit RA Kartini belum menjadi mainstream dalam semua bidang.

Faktanya, masih banyak kasus kejahatan siber yang menyasar kelompok perempuan, kekerasan perempuan, diskriminasi, perkawinan dini, trafiking, eksploitasi perempuan dengan berbagai cara.

Ini menunjukkan ide besar dan spirit Kartini belum menjadi trigger, meski menjadi bahan diskusi dan ritual tahunan setiap april.

Dengan hari Kartini ini, negara dan pemerintah harus memperkuat komitmennya untuk berbuat nyata serta mengevaluasi kebijakannya, efektifitas kebijakannya, pelaksanaan kebijakan yang ada serta melakukan langkah kongkrit, untuk masa depan perempuan Indonesia.

Hari ini kita malu dengan munculnya beragam modus-modus baru yang menjadikan perempuan sebagai sasaran.

Munculnya nikah siri online, pornografi dan prostitusi online, selain melemahkan kaum perempuan pada saat yang sama menjadikan perempuan sebagai obyek. Tentu hal ini tidak manusiawi dan tak dibenarkan.

Indonesia harus terus berbenah dan terus melalakukan pembaruan, ide Kartini harus terus digulirkan, digelorakan, disuarakan dan direalisasikan sesuai dengan konteks zamannya. Ide besarnya kita ambil, tetapi strateginya perlu dikembangkan sesuai perkembangan zaman.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Hasanudin Aco
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas