Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

KSAL Sambut Kedatangan Kapal Selam Terbaru TNI Angkatan Laut

Kapal selam ini tiba dari Korea Selatan setelah diresmikan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu pada tanggal 25 April yang lalu.

KSAL Sambut Kedatangan Kapal Selam Terbaru TNI Angkatan Laut
dispenal
Kapal selam terbaru TNI AL 

Dinas Penerangan TNI AL

TRIBUNNERS - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, didampingi Ketua Umum Jalasenastri Endah Ade Supandi, memimpin upacara penyambutan kedatangan KRI Ardadedali-404 di Dermaga Kapal Selam, Ujung Koarmada II, Surabaya, Kamis(17/5/2018).

Kapal selam ini tiba dari Korea Selatan setelah diresmikan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu pada tanggal 25 April yang lalu.

Baca: Kapolda: Densus Amankan Bendera dan Buku ISIS di Tarakan

Kasal dalam sambutannya menjelaskan, KRI Ardadedali-404 merupakan kapal selam kelas 209/1400 kedua setelah KRI Nagapasa-403. dari tiga buah kapal selam sejenis yang dibangun di Korea Selatan dan Indonesia.

Dalam rangka Transfer of Technology sekaligus Transfer of Knowledge, pembangunan kapal selam ketiga direncanakan akan dilaksanakan di galangan PT Pal Indonesia.

Hal ini merupakan kontribusi positif bagi kemajuan industri pertahanan terutama PT PAL, dalam rangka proses alih teknologi yang pada gilirannya akan dapat membangun kemandirian produksi dalam negeri di bidang teknologi pengembangan Alutsista TNI.

“Nama Ardadedali diambil berdasarkan nama senjata berupa panah milik tokoh pewayangan Arjuna. Senjata ini memiliki mata panah berbentuk burung dan memiliki jiwa namun senjata ini saat dilepaskan kearah musuh memiliki keistimewaan mematuk dan melumpuhkan lawannya,” Ujar Kasal.

Kapal selam KRI Ardadedali-404 memiliki Panjang 61,3 meter, bobot 1.280 ton saat menyelam dan kecepatan mampu mencapai 21 knot dibawah air.

Selain itu kapal selam ini mempunyai empat mesin diesel MTU12V493 dengan jarak mencapai 18.520 Km dan dilengkapi peluncur torpedoyang mampu meluncurkan torpedo 533 mm serta peluru kendali anti kapal.  

Kapal selam yang dikomandani Letkol Laut (P) Widya Poerwandanu berlayar dari Korea Selatan menuju Indonesia selama kurang lebih dua minggu dengan membawa 40 anak buah kapal (ABK).

Lebih lanjut Kasal berpesan kepada Komandan dan seluruh prajurit KRI Ardadedali-404 berharap menjalankan amanah yang telah diberikan oleh rakyat dan negara, agar terus meningkatkan dedikasi dan profesionalitas prajurit matra Laut serta memelihara dan mempergunakan  Alutsista tersebut sebaik-baiknya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekjen Kemhan, para perwakilan pejabat Kemhan, para perwakilan pejabat Mabes TNI, para pejabat Utama Mabesal, Pangkoarmada II dan III, para Kadis jajaran Mabesal, Duta Besar Korea Selatan serta para keluarga ABK KRI Ardadedali-404.

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas