Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Masyarakat Mulai Rasakan Manfaat Program Sertifikat untuk Rakyat

Hampir dua tahun sudah program pemerintah untuk menata sektor pertanahan melalui percepatan penerbitan sertifikat hak atas tanah berjalan.

Masyarakat Mulai Rasakan Manfaat Program Sertifikat untuk Rakyat
Biro Pers Setpres/Laily Rachev
Presiden Joko Widodo menjawab pertanyaan para jurnalis usai menyerahkan sertifikat tanah adat desa di Kota Denpasar, Provinsi Bali. BIRO PERS SETPRES 

TRIBUNNERS - Hampir dua tahun sudah program pemerintah untuk menata sektor pertanahan melalui percepatan penerbitan sertifikat hak atas tanah berjalan.

Sejak pertama kali diluncurkan sekitar akhir 2016 lalu, program ini telah banyak membantu masyarakat yang selama ini kesulitan memperoleh bukti pengakuan atas tanah yang mereka miliki.

Baca: Soal Sosok Pengirim Pesan, Via Vallen: Dia Pemain Lapangan yang Lagi Bersinar

"Harusnya terus dilakukan. Biar masyarakat merasa tenang. Karena membuat sertifikat itu kan butuh waktu yang lama, prosesnya panjang. Tapi dengan program ini jadi luar biasa bagus sekali," kata Budianto, salah seorang yang merasakan manfaat dari program ini ketika ditemui.

Budianto mengatakan, selama kurang lebih 12 tahun ia menempati rumah tinggalnya, baru pada tahun ini ia berkesempatan untuk memperoleh sertifikat hak atas tanah yang ia tempati.

Ia mengakui bahwa proses pengurusan yang kini jauh lebih cepat merupakan perbedaan yang paling dirasakannya saat ini.

"Kurang dari dua bulan. Dari segi waktu lebih cepat, proses menunggu tidak lama," tuturnya.

Budianto tidaklah sendiri. Ia merupakan salah satu dari 3.250 penerima manfaat program percepatan penerbitan sertifikat yang hadir saat Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Subang, Jawa Barat, pada Rabu, 6 Juni 2018.

Penyerahan sertifikat secara langsung kepada masyarakat itu dilakukan di Gedung Kompleks Waterboom Bintang Fantasi, Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang.

Sebanyak 5.000 sertifikat diserahkan untuk para pemilik tanah yang berasal dari Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Subang.

Di Jawa Barat sendiri pemerintah menargetkan 1,2 juta sertifikat untuk dapat diterbitkan pada tahun ini. Diharapkan empat tahun mendatang, seluruh masyarakat di Jawa Barat telah memegang tanda bukti atas tanah yang mereka miliki.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas