Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Piala Dunia 2018: Final Dini Prancis vs Belgia

PRANCIS juara baru? Itu judul tulisan saya (1/7) di Tribunnews.com selepas mengandaskan Argentina 4-2 di babak 16 besar piala dunia Rusia.

Piala Dunia 2018: Final Dini Prancis vs Belgia
bolacup
Prancis vs Belgia 

Oleh: M.Nigara

PRANCIS juara baru? Itu judul tulisan saya (1/7) di Tribunnews.com selepas mengandaskan Argentina 4-2 di babak 16 besar piala dunia Rusia. Memang terlalu dini, tapi instink saya begitu bulat.

Begutu juga dengan Belgia. Meski RBFA (Royal Belgia Football Association) tidak sebesar Brasil, keyakinan saya Romelu Lukaku dan kawan-kawan bisa mengatasi Neymar cs.

Padahal Belgia bukanlah tim yang difavoritkan. Prestasi tertingginya di piala dunia menempati posisi ke-4 tahun 1986.

Saat itu, di semifinal Belgia kalah 2-0 dari Argentina. Dan saat bertemu Prancis yang juga kalah di semifinal 2-0 dari Jerman Barat, Enzo Scifo dan kawan-kawan dikandaskan trio Prancis: Michel Platini, Jean Tigana, dan Alain Giresse 4-2. Selebihnya Belgia hanya dua kali lolos dari 16 besar dan sekali bisa mencapai quarter final.

Sebaliknya, Prancis selain mampu menjadi juara dunia tahun 1998, tim ayam jantan itu sekali menjadi runner up (2006), dua kali menempati posisi ke-3(1958 dan 1986), juga dua kali mencapai quarter final (1938 dan 2014).

Tidak hanya itu, Prancis di era Zinedine Zidane mampu mengawinkan gelar piala dunia dan piala eropa (2000). Sebelumnya, Platini (1984) juga mampu merebut piala eropa.

Diajari

Meski sama-sama tidak di favoritkan di laga quarter final, Prancis dan Belgia bukan hanya mampu memetik kemenangan atas Uruguay dan Brasil. Prancis menekuk Uruguay 2-0 serta Belgia menghantam Brasil 2-1.

Kedua tim mampu mempertontonkan permainan indah. Keduanya dengan kepercayaan diri para pemainnya yang sangat tinggi, memperlihatkan kombinasi permainan klasik dan memeragakan speed and power yang luar biasa. Akurasi passing, intercept yang tepat.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas