Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Pilpres 2019

TGB-kah Cawapres Jokowi?

TGB kembali aktif dalam Aksi Bela Islam III, 2 Desember 2016 (212), dengan tuntutan yang sama.

TGB-kah Cawapres Jokowi?
IST
Ketua Umum Pengurus Besar Majelis Dzikir Hubbul Wathon (PB MDHW), KH Musthofa Aqiel Siradj dan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TBG Muhammad Zainul Majdi atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) di Ponpes KHAS Kempek, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (2/2/2018). 

Oleh: Karyudi Sutajah Putra

TRIBUNNEWS.COM - Bahwa Presiden Joko Widodo maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2019 tampaknya suatu keniscayaan. Yang belum niscaya adalah siapa calon wakil presidennya.

Usai bertemu para Aktivis 1998 di Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/7/2018), Jokowi mengaku sudah mengantongi nama cawapresnya, tinggal mengumumkan, tapi ia tak mau membocorkan. Pendaftaran capres-cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU) dibuka pada 4-10 Agustus 2018.

Wakil Presiden Jusuf Kalla adalah cawapres yang menurut PDIP paling potensial mendampingi Jokowi kembali pada Pilpres 2019 karena chemistry-nya.

Tapi, JK terhalang Pasal 7 UUD 1945 dan Pasal 169 huruf N Undang-Undang (UU) No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, karena sudah dua kali menjabat wapres (2004-2009 dan 2014-2019).

Sebab itu, JK kini sibuk bermanuver, baik solo (sendiri) yang diprediksi membidik kursi RI-1, maupun duet bersama Anies Baswedan yang diprediksi sedang ia proyeksikan menjadi capres/cawapres.

Baca: TGB Dukung Jokowi, Ali Ngabalin Sindir Alumni 212

Anies juga salah satu nama yang disebut bisa mendampingi Jokowi, tapi mungkin Gubernur DKI Jakarta itu, jika memang maju di Pilpres 2019, lebih memilih Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai patronnya.

Nama lain yang disebut adalah mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) TNI Gatot Nurmantyo, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Ketua Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Kepala Kantor Sekretariat Presiden (KSP) Jenderal (Purn) TNI Moeldoko, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy dan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zainul Majdi atau lebih dikenal dengan sebutan Tuan Guru Bajang (TGB).

Entah apa yang berkecamuk dalam benaknya, tiba-tiba ada perubahan sikap TBG secara signifikan, kalau tak boleh dibilang berbalik 180 derajat, terhadap petahana Jokowi.

Bila selama ini dikesankan sebagai oposan, kini ia justru mendukung Jokowi menjabat presiden dua periode, dengan pertimbangan kemaslahatan bangsa, kepentingan umat, dan akal sehat.

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Hasanudin Aco
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas