Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Akhmad Reza Juara Lomba Menulis Cawapres Jokowi Pilihan Warga

Sejak 10 April hingga 10 Juni 2018 lalu, Pusat Kajian Pengembangan Berdikari (PKP Berdikari) mengadakan Lomba Menulis Cawapres Jokowi Pilihan Warga

Akhmad Reza Juara Lomba Menulis Cawapres Jokowi Pilihan Warga
TRIBUN/SETPRES/AGUS SUPARTO
Foto Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menaiki boneka dirinya di sela meresmikan terminal Bandara Baru Internasional Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/6/2018) lalu. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Sejak 10 April hingga 10 Juni 2018 lalu, Pusat Kajian Pengembangan Berdikari (PKP Berdikari) mengadakan Lomba Menulis Cawapres Jokowi Pilihan Warga. 

Lomba dimaksudkan menampung aspirasi wdalam bentuk tulisan yang bertanggungjawab, masuk akal dengan kemampuannya merajut kata yang enak dibaca. 

Osmar Tanjung, Ketua Tim Juri menjelaskan, selain menampung aspirasi warga, lomba dimaksudkan agar warga dapat berpartisipasi dalam mengusulkan nama-nama tokoh yang akan dijadikan Cawapres Jokowi berdasarkan pilihannya.

" Syarat penulisan cukup sederhana yakni minimal 1.500 kata per artikel, tidak plagiat dan santun dalam menyampaikan analisisnya, " ungkap Osmar dalam rilisnya yang diterima tribunnews.com.

Alifurrahman salah satu tim juri menambahkan ada 271 tulisan yang dikirim ke email melalui admin seword yang diterima. Namun hanya 130 artikel yang memenuhi syarat minimal 1.500 kata dengan argumentasi dan opini yang kuat. "Argumentasi yang ada, kebanyakan dilengkapi juga dengan memaparkan kelemahan masing-masing calon yang dipilihnya," katanya.

Dari 271 artikel, hampir 70 artikel ditulis oleh perempuan. "Cukup menggembirakan bahwa warga perempuan mampu memberikan masukan yang signifikan dalam perpolitikan di Indonesia, dalam ketajamannya memilih Cawapres Jokowi, ujar Alif.

Tim Juri Lomba kemudian memilih artikel-artikel dengan opini yang tajam dan terukur, termasuk alasan seperti integritas, latar belakang dan kemampuan membantu memenangkan Jokowi dalam pilpres 2019.

Selain itu kemampuan calon dalam menyelesaikan program Nawacita adalah hal penting yang menjadi salah satu pertimbangan Tim Juri. Dari 130 artikel yang dinyatakan memenuhi syarat dan "adat istiadat" penulisan, ada 26 artikel yang memenuhi syarat ditulis oleh perempuan.

Dari 26 artikel, 5 diantaranya dinyatakan layak menjadi pemenang dari 20 artikel terpilih. PKP Berdikari juga seword melihat antusiasme warga cukup tinggi, termasuk di kalangan perempuan.

Dari beragam latar belakang dan profesi, dengan kesibukan dan rutinitas harian, mereka menyempatkan diri untuk menulis serta memilih Cawapres untuk Presiden Jokowi.

Menulis 1.500 kata bukanlah pekerjaan mudah. Butuh konsentrasi, referensi dan semangat untuk menyelesaikannya. Semua itu telah mereka lalui dan turut mensukseskan lomba penulisan yang kami adakan.  "Kami sangat mengapresiasi partisipasi warga dalam memberikan sumbangan pemikiran kepada Presiden Jokowi demi kesejahteraan rakyat Indonesia 5 tahun mendatang," tegas Osmar.

Adapun 20 pemenang "Lomba Menulis Cawapres Jokowi Pilihan Warga" ini disusun berdasarkan abjad nama pemenang. Berikut pemenangnya.
1. Akhmad Reza: Mahfud MD, Cawapres Yang Bukan Ban Serep Apalagi Matahari Kembar
2. Asaaro Lahagu: Menebak Dengan Jitu Cawapres Jokowi
3. Daeng: Inilah Cawapres yang Tak Terduga, Sejatinya Mendampingi Jokowi
4. Denny Siregar: Siapa Calon Wapres Jokowi
5. Dhian Pras: Rock n Roll Susi Pudjiastuti Melengkapi Gaya Lugas Joko Widodo
6. Jemima Mulyandari: Budi Gunawan Siap Dampingi Jokowi Membangun Negeri
7. Kajitow Elkayeni: Airlangga Hartato Peneguh Jokowi
8. Kang Daniel: 7 Alasan Kenapa Buya Syafi Maarif Layak Menjadi Cawapres Jokowi
9. Kukuh Aris Santoso: KH Said Aqil Siradj Adalah Pasangan Pedang Naga Puspa Seorang Jokowi
10. Kolik: Mafhud MD for RI 2
11. Kris Naptali: Kebangkitan Ekonomi Nasional di Tangan Pengusaha Tangguh CT
12. Lufaefi: Idealitas Romahurmuziy Sebagai Cawapres Jokowi
13. Lilik Fatimah: Candradimuka Kedua Bagi Moeldoko Sebelum Dampingi Jokowi
14. Nikki Tirta: Mengapa Airlangga
15. Retha Putri: Mengenal Bambang Brodjonegoro dan Peluangnya Sebagai Cawapres Jokowi
16. Saefudin Achmad: Airlangga, Sosok yang Tepat Mendampingi Jokowi
17. Sayadi Fahreza: Jawaban Untuk Rakyat Pendamping Jokowi 2019-2024 SMI
18. Wenita Susilo: Retno Marsudi Pantas Jadi Cawapres 2019
19. Yaya: Mafhud MD Pendamping Seimbang Jokowi Memimpin Indonesia
20. Zetiyadi: Menimbang Tito Karnavian Sang Bintang Cemerlang Sebagai Cawapres Jokowi 2019.

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Rachmat Hidayat
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas