Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Sudah Tak Mampukah Aparat Berantas Korupsi?

Dengan PP ini, pemerintah bakal memberi hadiah bagi masyarakat yang melaporkan adanya kasus korupsi maksimal hingga Rp 200 juta.

Sudah Tak Mampukah Aparat Berantas Korupsi?
Ist/Tribunnews.com
Sumaryoto Padmodiningrat.

Oleh: Sumaryoto Padmodiningrat

TRIBUNNEWS.COM - Pada 17 September 2018, Presiden Joko Widodo meneken Peraturan Pemerintah (PP) No 43 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dan Pemberian Penghargaan dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Dengan PP ini, pemerintah bakal memberi hadiah bagi masyarakat yang melaporkan adanya kasus korupsi maksimal hingga Rp 200 juta.

PP ini merupakan aturan turunan dari Undang-Undang (UU) No 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, khususnya Pasal 41 ayat (1).

Pasal 13 ayat (3) PP 43/2018 menyebutkan, penghargaan akan diberikan kepada masyarakat yang secara aktif, konsisten, dan berkelanjutan bergerak di bidang pencegahan tindak pidana korupsi atau pelapor.

Penghargaan diberikan dalam bentuk piagam dan/atau premi. Besaran premi paling banyak Rp 200 juta.

Sejatinya PP 43/2018 ini bukan “barang baru”. Sebelumnya, aturan yang sama sudah pernah ada, yakni PP 71/2000, namun seakan hilang ditelan bumi.

Apakah aparat sudah kewalahan menangani korupsi yang demikian marak sehingga perlu melibatkan masyarakat? Bisa jadi.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru saja menangkap Bupati Bekasi, Jawa Barat, Neneng Hasanah Yasin, Senin (15/10/2018), karena diduga menerima suap perizinan proyek ambisius Meikarta.

Di hari yang sama, KPK juga menahan Bupati Malang, Jawa Timur, Rendra Kresna, sebagai tersangka gratifikasi sejumlah proyek.

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Hasanudin Aco
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas