Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Blog Tribunners

5 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Sendi-sendi yang terserang asam urat bisa mengalami kaku hingga sulit digerakan yang akhirnya kamu kesulitan untuk berjalan.

5 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami
grid.id
Cara alami kurangi kadar asam urat tubuh 

TRIBUNNERS - Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian. Penyakit ini biasanya memicu rasa panas dan terbakar pada sendi-sendi jari, siku hingga lutut.

Walau tidak berbahaya, asam urat yang terlalu tinggi dalam tubuh bisa mengganggu kamu.

Sendi-sendi yang terserang asam urat bisa mengalami kaku hingga sulit digerakan yang akhirnya kamu kesulitan untuk berjalan. Nah, tentu kamu tidak ingin alami hal semacam ini.

Penyebab tingginya asam urat karena pola makan yang salah, seperti keseringan atau berlebihan makan makanan yang kaya purin seperti ikan sarden, tempe, kol, hingga udang. Nah, untuk mengobati asam urat tinggi pada tubuh anda perlu mengubah pola makan anda. Begini caranya.

1 Sering Minum air putih

Saat asam urat tinggi hindari kopi dan teh, pilihlah air ptuih saja. Karena air putih lebih berguna untuk mengencerkan urin serta membantu menghambat penumpukan asam urat di persendian. Air putih juga sangat diperlukan ginjal untuk memaksimalkan tugasnya untuk melarutkan asam urat dalam darah.

2 Makan Makanan yang tepat

Makanan yang anda konsumsi harus rendah bahkan tidak purinnya, untuk itu anda wajib hindari udang, daging merah, tempe hingga kol. Pilihlah sayuran buah-buah yang mengandung air yang banyak karena berkhasiat melarutkan racun dan asam urat di ginjal. Makan mentimun, daun selada, kentang makanan ini berguna mengurangi asam urat.

3 Hindari makanan manis

Asam urat tinggi juga bisa disebabkan oleh makanan atau minuman yang kaya gula buatan seperti soda atau jus buah kemasan. Nah untuk menurunkan kadar asam urat sebaiknya kamu tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung gula buatan.

4 Jangan minum alkohol lagi

Jika kamu peminum alkohol maka sebaiknya hentikan kebiasaan ini, alkohol atau bir bisa menaikan kadar asam urat karena mengandung purin yang tinggi. Alkohol juga bisa merusak ginjal sehingga bisa menyababkan asam urat sulit di keluarkan dari tubuh.

5 Olahraga teratur

Jika kadar asam urat sudah turun, selanjutnya anda wajib menjaga berat badan dalam konsisi ideal. Tubuh yang terlalu gemuk akan memudahkan asam urat tinggi kamu kembali lagi. Nah untuk itu kamu haus sering sering berolahraga, minimal sehari 20 menit.

Selengkapnya

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Goldokter
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas