Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Blog Tribunners

5 Tips yang Bermanfaat untuk Mencegah Gagal Ginjal

Penyakit gagal ginjal ini dapat terjadi kepada orang yang memiliki organ ginjal yang sehat atau pun pada seseorang yang sudah memiliki masalah ginjal

5 Tips yang Bermanfaat untuk Mencegah Gagal Ginjal
NOVA
Rajin mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup di pagi hari dapat membantu ginjal bekerja maksimal. 

 TRIBUNNERS - Penyakit gagal ginjal ini dapat terjadi kepada orang yang memiliki organ ginjal yang sehat atau pun pada seseorang yang sudah memiliki masalah ginjal sebelumnya.

Bahkan anak-anak sekalipun dapat terkena penyakit gagal ginjal ini.

Meskipun demikian, anak-anak yang mengalami penyakit gagal ginjal biasanya sering disebabkan oleh kelainan bawaan atau kerusakan saluran kemih pada saat lahir.

Fungsi dari organ ginjal sendiri sangatlah penting bagi tubuh anda. Hal ini dibuktikan dengan organ ginjal tubuh anda dapat menyaring aliran darah serta membuang kelebihan cairan.

Maka dari itu, pastikan organ ginjal anda dapat selalu berfungsi baik dengan melakukan cara-cara berikut ini.

Pada saat organ ginjal tidak bekerja dengan baik, maka zat-zat sisa dan juga racun tidak dapat dibuang dan akan menumpuk di dalam tubuh.

Akibatnya, hal tersebut akan membuat badan anda menjadi tidak enak, susah untuk bernapas, berat badan naik, mengalami pembengkakan pada kaki dan juga tangan yang semuat itu dikarenakan cairan tidak dapat dikeluarkan dari tubuh. Berikut ini beberapa cara untuk mencegah penyakit organ ginjal, diantaranya :

1 Batasi Untuk Mengkonsumsi Garam
Salah satu hal yang harus dicegah adalah dengan tidak mengkonsumsi garam secara tidak berlebihan. Apabila mengkonsumsi garam dalam jumlah yang berlebih, maka tekanan darah akan terjadi pada tubuh anda sehingga akan menyebabkan gangguan pada organ-organ tubuh, termasuk salah satunya organ ginjal.

2 Rutin Untuk Memeriksa Ke Dokter
Jika anda memiliki penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, memiliki riwayat penyakit ginjal di dalam keluarga, atau diabetes, maka hal tersebut akan lebih beresiko untuk menyerang tubuh anda. Oleh sebab itu, disarankan untuk selalu memeriksakan diri untuk memantau kondisi dan fungsi dari organ ginjal anda.

Di dalam pemeriksaan biasanya hanya akan dilakukan seperti pengukuran tekanan darah, pemeriksaan darah dan urine, serta pengecekan gula darah untuk melihat kondisi dari organ ginjal. Dengan melakukan hal seperti ini, jika anda diindikasikan akan terkena penyakit gagal ginjal, maka anda akan lebih siap dalam menghadapinya serta mengobatinya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Alit Kurniawan
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas