Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Jelang Debat ke-3, KOPMAS Tunggu Komitmen Tanggung Jawab Pemerintah terhadap Kesehatan Anak

Apabila gizi dan kesehatan anak menjadi prioritas, Indonesia dapat keluar dari zona gizi buruk yang ditetapkan oleh WHO

Jelang Debat ke-3, KOPMAS Tunggu Komitmen Tanggung Jawab Pemerintah terhadap Kesehatan Anak
Ilustrasi 

Oleh :  Arif Hidayat, SE., MM  *)

DITINJAU  dari sisi pembangunan kesehatan, Indonesia masih dalam proses menuju konsep negara sejahtera yang bisa terlihat dari berbagai isu kesehatan yang masih menjadi headline pemberitaan nasional.

Mulai dari akses terhadap fasilitas kesehatan, sistem jaminan kesehatan / BPJS hingga kasus-kasus kesehatan anak seperti  stunting atau gizi buruk yang masih bermunculan.

Dalam rangka menuju negara sejahtera, Indonesia telah menerapkan social security state (jaminan sosial nasional) melalui Undang-Undang Nomor: 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, yang menurunkan Undang-Undang Nomor : 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Selain itu, dalam UU No 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, terdapat beberapa hal yang menjadi tanggung jawab pemerintah terhadap kesehatan masyarakat, diantaranya:

·         Pasal 17 menekankan pada tanggung jawab pemerintah atas ketersediaan akses terhadap informasi, edukasi, dan fasilitas pelayanan kesehatan untuk meningkatkan dan memelihara derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

·         Pasal 18 mewajibkan pemerintah untuk memberdayakan dan mendorong peran aktif masyarakat dalam segala bentuk upaya kesehatan.

Baca: Sempat Bikin Cemas, Shareefa Daanish Ungkap Kondisi Kesehatannya

·         Pasal 19 memuat soal tanggung jawab pemerintah atas ketersediaan segala bentuk upaya kesehatan yang bermutu, aman, efisien, dan terjangkau.

Koalisi Perlindungan Kesehatan Masyarakat (KOPMAS) melihat adalah tanggung jawab pemerintah atas kesehatan masyarakat telah diakomodir melalui peraturan tersebut.

Namun implementasinya, masih banyak yang perlu dibenahi, terutama pemenuhan hak kesehatan anak.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Eko Sutriyanto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas