Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Diplomasi "Total Pentahelix" Meredam Bencana

Konsep pentahelix di tangan Kepala BNPB Doni Monardo, tiba-tiba saja menjadi lebih bergairah dan paripurna.

Diplomasi
Tribunnews.com
Kepala BNPB Doni Monardo. 

Oleh Egy Massadiah

TRIBUNNEWS.COM - Konsep pentahelix di tangan Kepala BNPB Doni Monardo, tiba-tiba saja menjadi lebih bergairah dan paripurna.

Pentahelix dimaknai sebagai kerangka kerja dalam berkegiatan dan berkarya agar lebih maksimal.

Ada lima pihak yang harus diperhatikan peran, kepentingan, maupun karakternya. Unsurnya terdiri atas pemerintah (administration), masyarakat (society), bisnis/investor (business), peneliti (knowledge), dan media.

Kerangka ini awalnya hanya tiga pihak (pemerintah - pasar - penelitian), kemudian menjadi empat pihak (pemerintah - pasar - penelitian - masyarakat), hingga kemudian menjadi lima seperti tersebut di atas.

Dalam aplikasi yang lain, konsep sinergitas pentahelix pun dibuat menjadi berbagai varian, demi tercapainya tujuan. Salah satunya pengembangan pentahelix yang melibatkan unsur ABCGM: akademisi (Academician), bisnis (Business), komunitas (Community), pemerintah (Government), dan media. Kata kuncinya tetap sama: Sinergi.

Nah, berbicara tentang pentahelix, Doni sudah mengaplikasikannya dalam kinerja sehari hari.

Betapa pun, sinergitas yang menjadi ruh pentahelix tidak melulu untuk kepentingan bisnis, tetapi juga bisa diterapkan untuk menangani bencana.

Bahkan, di tangan seorang yang berkarakter creativ leader pentahelix adalah kunci sakti yang mampu membuahkan hasil ideal serta maksimal. Pentahelix juga semacam kuda tunggangan yang membawa sang penunggang menjadi agen perubahan.

Sejak dilantik sebagai kepala BNPB 9 Januari 2019 Doni menanamkan kepada semua jajarannya di tingkat provinsi dan kabupaten, terkhusus para eselon satu dan dua kiranya mengaplikasikan jurus pentahelix.

"Pencegahan dan penanganan bencana alam, tidak bisa dilakukan oleh satu pihak. Dalam hal ini, pentahelix adalah sebuah jawaban. Tinggal disesuaikan jurus pentahelix pra bencana, tanggap darurat dan pasca bencana. Sebab karakter masalahnya berbeda beda dan juga memperhatikan aspek lokal, " papar Doni.

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Hasanudin Aco
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas