Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Belajar Dari Petisi Pegawai KPK

Benar tidaknya tuduhan pegawai perlu dievaluasi dan ditindaklanjuti dengan solusi yang bisa diterima oleh semua pihak.

Belajar Dari Petisi Pegawai KPK
Istimewa
Praktisi Kepatuhan, Djindar Rohani 

Belajar Dari Petisi Pegawai KPK

Oleh: Djindar Rohani, MBA, CFE, CFrA   (Praktisi Kepatuhan)

Petisi 114 penyelidik dan penyidik KPK yang diajukan kepada Pimpinan KPK pada tanggal 29 Maret 2019 yang berjudul “Hentikan Segala Bentuk Upaya Menghambat Penanganan Kasus” seharusnya bisa diredam secara internal seandainya proses pengaduan internal KPK berjalan secara efektif.

Ada dua permasalahan yang perlu mendapatkan perhatian serius dari Pimpinan KPK.

Pertama, terkait proses internal: Belum efektifnya sistem pengaduan internal dan proses penyelesaian permasalahannya menyebabkan pegawai memilih jalur pengajuan petisi untuk memecahkan masalah.

Kedua, terkait substansi petisi: Benar tidaknya tuduhan pegawai perlu dievaluasi dan ditindaklanjuti dengan solusi yang bisa diterima oleh semua pihak.

Terkait pembenahan proses internal KPK, sebenarnya kelemahan dalam hal penegakan aturan, komunikasi, dukungan struktur dan fungsi organisasi sudah teridentifikasi sejak tahun 2017 sesuai yang tertuang dalam Laporan Akuntabilitas Kinerja KPK 2017. 

Kejadian pengajuan petisi oleh pegawai KPK saat ini menunjukkan masih belum cukupnya upaya perbaikan dalam komponen-komponen integritas organisasi KPK

Ke depan pembenahan internal ini perlu mendapatkan prioritas untuk menguatkan integritas organisasi.  Sehingga kerjasama antar fungsi, baik secara horisontal maupun vertikal, akan solid dan kepercayaan pegawai terhadap unsur pimpinan tetap terjaga.

Penegakan aturan dalam suatu organisasi akan kuat jika didukung dengan sistem kepatuhan (compliance system) yang terstruktur dan terintegrasi, serta dijalankan secara konsisten. 

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Husein Sanusi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas