News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Harga BBM Turun, Belum Tentu Harga Pangan Ikut Turun

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menko Perekonomian, Sofyan Djalil, Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri BUMN Rini M.Soemarno dan sektretaris kabinet Andi Wijayanto saat memberikan penjelasan atas kebijakan Pemerintah menurunkan harga jual BBM jenis premium dan solar, LPG ukuran 12 Kg dan semen hasil produksi BUMN, di taman belakang istana merdeka, jakarta, Jumat (16/1/2015). (Tribunnews.com/Andri Malau)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada awal pekan besok, mengalami penurunan. Namun, hal ini tidak serta merta harga komoditas pangan di pasar akan langsung turun.

Sekjen Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia, Ngadiran mengatakan, penurunan harga BBM memang mengurangi beban biaya transportasi pengirimam sembako, tetapi penjualan sembako bukan berpatokan dengan penurunan biaya transportasi saja melainkan ada faktor lainnya, seperti pembelian sembako dari pemasok.

"Kita pedagang pasar itu, kalau belinya naik, jualnya juga naik. Masa belinya naik, kita jualnya turun, kita tergantung yang miliki barang banyak," ujar Ngadiran kepada Tribunnews.com, Sabtu (17/1/2015).

Untuk diketahui, harga jual premiun pada Senin besok turun Rp 1.000 menjadi Rp 6.600 per liter. Sedangkan, solar turun Rp 850 menjadi Rp 6.400 per liter.

Menurutnya, jika pemerintah menginginkan harga sembako tidak melonjak dengan tajam, maka diperlukan langkah penetapan harga. Misalnya, harga beras di patok Rp 7.000 per liter dan jika ternyata harga belinya dari pemasok mahal, maka pemerintah yang menutupi selisihnya.

"Kalau harga mahal, kan pedagang yang disalahkan. Kita juga engak mungkin belinya murah jualnya mahal, bisa pergi pelanggan. Jadi enaknya kalau pemerintah mau harga sembako murah, selisihnya ditanggung pemerintah," tuturnya.

Sementara mengenai harga cabai rawit merah dan harga daging sapi, kata Ngadiran, saat ini sudah mengalami penurunan. Harga cabai saat ini sudah di level Rp 40.000 per kilo dari harga tiga hari lalu sebesar Rp 70.000 per kilo.

Sedangkan, harga daging sapi kwalitas bagus dipatok Rp 98.000 ribu dan daging ayam sekitar Rp 24.000.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini