News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ambisi Kalahkan Pasar Jepang, Sharp Perbesar Pangsa Pasar di Indonesia

Editor: Budi Prasetyo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Direktur Sharp Electronics Indonesia (SEID) Fumihiro Irie dihadapan 500 rekan dealer Sharpdari seluruh Indonesia dalam kegiatan Dealer Convention 2015 tanggal 11-12 Juni 2015 di Nusa Dua, Bali,

Targetkan Penjualan Naik 115%

TRIBUNNEWS.COM.JAKARTA - Tahun 2015, Sharp telah tumbuh berkembang bersama masyarakat Indonesia. Selama 45 tahun keberadaannya di tanah air, Sharp mampu menjadi pemimpin pasar untuk beberapa kategori produk elektronik-nya.

Tidak hanya berfokus pada penjualan, PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) pun meningkatkan pelayanan purna jualnya sebagai bentuk apresiasi terhadap seluruh konsumennya.

Guna meningkatkan permintaan pasar domestik, di tahun 2012 SHARP membangun pabrik keduanya di Karawang International Industrial City (KIIC). Sejak tahun 2013, pabrik baru ini mulai beroperasi dan kapasitas produksinya pun mengalami peningkatan dalam skala besar.

Tahun 2014, Sharp memindahkan seluruh produksi mesin cucinya ke pabrik Karawang yang diikuti oleh pabrik lemari es di bulan Maret 2015. Pada bulan Maret 2016 mendatang, SEID pun akan memindahkan produksi TV ke pabrik Karawang dan dengan demikian rencana pengumpulan kegiatan produksi di satu lokasi akan selesai dilaksanakan.

Menurut Presiden Direktur Sharp Electronics Indonesia (SEID) Fumihiro Irie dihadapan 500 rekan dealer Sharpdari seluruh Indonesia dalam kegiatan Dealer Convention 2015 tanggal 11-12 Juni 2015 di Nusa Dua, Bali, tahun 2015-2016 ini, kami menargetkan untuk mencapai total penjualan sebesar 115 persen dibandingkan tahun lalu, dengan rincian penjualan 1,5 juta unit lemari es, 1 juta unit mesin cuci, 1 juta unit AC, dan 1 juta unit panel TV.

Kami optimis, angka ini bisa tercapai sehingga penjualan produk AC Sharp di Indonesia akan menyusul prestasi dua kategori sebelumnya yang telah lebih dulu mengungguli Jepang.

Kata Irie Kondisi penjualan LCD TV kami pun sekarang memang masih kalah jauh dengan Jepang. Namun dengan pengembangan pasar LCD TV yang cepat di Indonesia dan pemantapan kapasitas produksi di Karawang, kami tetap optimis bisa mengejar Jepang hanya dalam beberapa tahun saja.

Dengan semua target ini, kami percaya bahwa SEID akan mampu mempertahankan pangsa pasar nomor satu di Indonesia untuk produk lemari es, mesin cuci, AC, sekaligus merebut peringkat satu untuk kategori panel TV. Kami sangat bersemangat bahwa Indonesia kini sudah menjadi saingan terbesar Jepang dalam hal penjualan produk SHARP. Indonesia juga berperan sangat penting di wilayah ASEAN, dengan kontribusi sebesar 50 persen untuk volume bisnis SHARP di kawasan ASEAN,” jelas Fumihiro Irie

Guna memperbesar pangsa pasar Sharp di Indonesia di seluruh kategori produknya, SEID telah merancang sejumlah strategi penjualan dan pemasaran untuk tahun 2015. Di sepanjang tahun ini, SEID akan mengembangkan bisnisnya di Indonesia melalui beragam kegiatan penjualan dengan mengangkat konsep Jepang di sejumlah wilayah di tanah air secara berkala.

“Kami memiliki sejumlah kegiatan penjualan yang bernama Goten, Koten, dan Matsuri Festival. Tidak hanya memamerkan sejumlah produk unggulan Sharp dan mempromosikannya, kegiatan ini juga menjadi salah satu momen bagi kami untuk memperkokoh brand engagement dengan konsumen karena di sana konsumen akan mendapatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan melalui nuansa Jepang serta berbagai promo menarik,” ujar Andry Ady Utomo selaku General Manager of National & Sales SEID.

Selain gencar menggelar beragam aktivitas penjualan, SEID juga akan memperkuat aktivitas branding, di antaranya dengan lebih banyak lagi memanfaatkan warna merah dan putih sebagai warna kunci untuk display produk di toko sehingga tampil mencolok juga terus menggandeng Doraemon sebagai tokoh kartun Jepang yang sangat dicintai masyarakat Indonesia untuk kampanye LOVE.LIFE di berbagai iklan dan materi promosi.

Untuk mendukung berbagai strategi bisnis tersebut, sejumlah produk baru pun akan diluncurkan. Tahun ini, SEID akan memperluas rangkaian produk fast-moving untuk kelas menengah-bawah, seperti LED TV 24 dan 32 inch, freezer dan lemari es satu pintu yang ekonomis, mesin cuci dua tabung standard dengan kapasitas 8,5 kilogram, mesin cuci full-auto standar, juga air cooler dengan beragam kapasitas tangki air.

“Untuk segmen kelas menengah-atas, SEID akan mengembangkan berbagai produk bernilai-tambah, di antaranya adalah AC berdaya listrik rendah (low watt) dengan Freon R32***) yang ramah lingkungan (non-Plasmacluster), lemari es J-Tech Inverter*) dengan kapasitas yang lebih besar, penjernih udara (air purifier) dengan beragam luas jangkauan, serta dispenser bottom loading yang low watt dengan beragam fitur tambahan demi kenyamanan konsumen,” jelas Herdiana Anita Pisceria selaku General Manager of Product Planning Division SEID.

Selain itu, SEID juga memperkuat produk berteknologi tinggi miliknya untuk menyasar segmen high-end dan business-to-business (B2B), dengan merilis model-model baru untuk Interactive White Board (IWB) and Information Display Panel (IDP) dengan berbagai ukuran dan spesifikasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini