News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gejolak Rupiah

Akhir Pekan, Rupiah Lanjutkan Penguatan

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Petugas memperlihatkan pecahan dolar AS yang akan ditukarkan di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Kawasan Blok M, Jakarta

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat (5/2/2016) dibuka menguat.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah dibuka naik tipis 3 poin ke level Rp 13.637 dari posisi penutupan perdagangan kemarin Rp 13.640 per dolar AS.

Seiring mulainya waktu perdagangan, pada pukul 08.53 WIB rupiah masih melanjutkan penguatan ke level Rp 13.635 per dolar AS.

Analis PT Samuel Sekuritas Rangga Cipta mengatakan, perdagangan kemarin rupiah melanjutkan penguatannya bersamaan dengan mata uang Asia lainnya, seiring membaiknya harga komoditas dan pulihnya prospek perekonomian domestik.

"Pagi ini ditunggu pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) kuartal IV 2015 yang diperkirakan membaik dari 4,73 persen (yoy) ke 4,78 persen (yoy)," ujar Rangga.

Selain itu, kata Rangga, pasar juga menunggu rilis cadangan devisa Januari 2016 dan kabar akan dipangkasnya kembali suku bunga acuan (BI Rate).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini