News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Program Sejuta Rumah

Relaksasi LTV Bantu Percepat Program Pembangunan Sejuta Rumah

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Direktur Utama Bank BTN Maryono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -‎ PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) menyambut baik rencana kebijakan Bank Indonesia yang akan kembali melakukan relaksasi loan to value (LTV).

"Memang benar selama ini LTV mempunyai tujuan positif untuk mengendalikan laju pertumbuhan kredit dan sangat bermanfaat dalam mengintervensi harga properti," kata Direktur Utama BTN, Maryono, Jakarta, Rabu (8/6/2016).

Menurut Maryono, relaksasi LTV nantinya akan mendorong pertumbuhan kredit dan langkah ini pun ‎mempercepat pemenuhan program sejuta rumah pada 2016, yang ditargetkan dapat memberikan pembiayaan untuk 570 ribu unit rumah.

"Masyarakat yang akan membeli rumah dengan fasilitas KPR juga turut diuntungkan dengan relaksasi ini karena uang muka akan lebih kecil," ucapnya.

Di sisi lain kebijakan ini, kata Maryono, akan menggerakkan pembangunan perumahan oleh pengembang karena permintaan masyarakat akan rumah terus bertumbuh dan akhirnya menjadi mata rantai bagi bergeraknya bisnis pembangunan perumahan.

"Semua sektor terkait bisnis pembangunan perumahan akan bergerak, sehingga ‎pembiayaan perumahan itu berdampak pula terhadap GDP (gross domestic product) dan itu menjadi nadi bagi ekonomi bangsa," tutur Maryono.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini