News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

PT PII Siapkan Jaminan Proyek SPAM di Umbulan

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) memberikan jaminan untuk Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, Jawa Timur. Skema kerjasama dilaksanakan melalui Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan PT Meta Adhya Tirta Umbulan.

Direktur Utama PT PII Sinthya Roesly memaparkan pihaknya menjamin keamanan investasi badan usaha dalam pembangunan SPAM. Menurut Sinthya jaminan dari perseroan meningkatkan kepastian pendanaan proyek infrastruktur melalui partisipasi swasta.

"Penjaminan PT PII diharapkan terus meningkatkan peran badan usaha dalam penyediaan infrastruktur," ujar Sinthya Roesly di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis (21/7/2016).

Sinthya memaparkan proyek Air Minum Umbulan bukti pemerintah membangun infrastruktur masyarakat. Proyek yang masuk ke dalam Infrastruktur Strategis Nasional yang tercantum dalam Perpres No. 3 tahun 2016 mangkrak selama 40 tahun.

"Proyek ini dapat dukungan kelayakan Rp 818 miliar dari Kementerian Keuangan melalui Project Development Fund (PDF) yang dilakukan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)," kata Sinthya.

Bagi PT PII, SPAM Umbulan adalah proyek air dan proyek daerah pertama yang diberikan penjaminan pemerintah. Sehingga sampai 2016 PT PII sudah memberikan jaminan kepada 8 proyek infrastruktur.

"Enam tahun sejak PT PII lahir, dalam menjalankan mandat sebagai pelaksana tunggal penyedia penjaminan pemerintah, telah ditandatangani perjanjian penjaminan untuk 8 (delapan) proyek infrastruktur dengan total nilai sekitar Rp 75 triliun," papar Sinthya.

Sebelumnya Menkeu Bambang Brodjonegoro mengatakan dukungan Kelayakan yang diberikan Kementerian Keuangan dapat meningkatan kelayakan proyek dan lebih diminati swasta.

“Jadi swasta tidak perlu ragu untuk berinvestasi di sektor publik. Pemerintah jamin melalui PT PII jadi tidak perlu takut lagi lah” kata Bambang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini