News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

PT Eka Sari Lorena Operasikan Bus Tingkat

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bus Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 PO Lorena saat dipamerkan di Mercedes-Benz Commercial Vehicle Expo 2017, Sabtu (6/5/2017).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Eka Sari Lorena Transport Tbk (LRNA) mengubah starategi bisnis dalam menghadapi tantangan transportasi umum.

Presiden Eka Lorena Transport G.T. Soerbakti mengatakan, strategi bisnis yang akan diambil perseroan antara lain adalah mengubah model bisnis dari layanan mass public transportation menjadi boutique mass transportation dengan mulai mengoperasikan armada bus double decker (bus tingkat) Mercedes-Benz OC 500 RF 2542.

"Hal ini merupakan strategi Perseroan untuk menciptakan product and services differentiation yang signifikan dibandingkan para pesaing," ujar Soerbakti, Jakarta, Senin (3/7/2017).

Menurutnya, perseroan akan mengubah secara berangsur-angsur, layanan dari kelas eksekutif menjadi kelas super eksekutif untuk meningkatkan tingkat pelayanan kepada para pelanggan.

Perseroan juga sudah mulai mengevaluasi trayek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), dimana trayek-trayek yang bersinggungan langsung dengan moda transportasi udara dan kereta api sebagian sudah dialihkan ke trayek-trayek lain yang masih memiliki potensi untuk dikembangkan.

Strategi lainnya, kata Soerbakti, berupa perkuatan di rute jarak pendek termasuk menjajaki kemungkinan masuk di Jakarta residence connection dan Jakarta airport connection yang diselenggarakan oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), selain memperkuat dan menambah jumlah armada bus di BRT (bus rapid transport) seperti TransJakarta.

Dari segi pemasaran, perseroan terus memperkuat digital marketing & e-ticketing (on-line ticketing dan penjualan di AlfaMart dan Indomaret) dalam hal pembayaran tiket yang dipesan oleh calon penumpang melalui situs Perseroan www.lorena-transport.com untuk memudahkan para penumpang membeli tiket, serta memperkuat kerjasama dengan ESL Cargo & ESL Logistic sebagai mitra pendukung cargo & logistic.

"Melalui penjualan tiket e-commerce, cakupan wilayah pemasaran perseroan tidak terbatas hanya di wilayah Indonesia saja, bahkan hingga ke luar negeri, sehingga para pelancong asing bisa merancang rencana perjalanannya selama di Indonesia," ujar Soerbakti.

Ke depannya, Soerbakti mengatakan, perseroan juga sedang menjajagi kemungkinan untuk melakukan ekspansi ke bidang lainnya di industri non-transportasi namun secara tidak langsung akan berkaitan dengan industri transportasi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini