News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Harga Eceran Tertinggi Beras Premium di Pulau Jawa Rp 12.800/Kg

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sorang petani Desa Lombok Kulon, Bondowoso, Jawa Timur, sedang mengeringkan gabah.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras medium dan premium di seluruh Indonesia.

Untuk Jawa, Lampung, dan Sumsel beras medium seharga Rp 9.450/kilogram (kg) dan beras premium Rp 12.800/kg. Pulau Sumatera kecuali Lampung dan Sumsel, beras medium Rp 9.950/kg dan beras premium Rp 13.300/kg.

Untuk Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB), HET beras medium Rp 9.450/kg dan premium Rp 12.800/kg. Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT), beras medium Rp 9.950 dan premium Rp 13.300/kg.

Sulawesi, beras medium Rp 9.450/kg dan premium Rp 12.800/kg. Kalimantan, beras medium Rp 9.950/kg dan premium Rp 13.300/kg. Maluku dan Papua, beras medium Rp 10.250/kg dan premium Rp 13.600/kg.

Penetapan HET beras tersebut wajib diikuti oleh pelaku usaha dalam melakukan penjualan beras secara eceran kepada konsumen di setiap daerah.

"Akan terjadi penyusaian harga baru yang menyangkut harga keseluruhan. Dari para petani mengharapkan ini cepat kalau tidak terjadi upaya-upaya spekulatif yang dilakukan untuk kepentingan sekelompok orang tertentu sesaat," kata Enggartiasto Lukita, Mendag di Auditorium Kemendag, Jakarta Pusat, Kamis (24/8/2017).

Menurutnya yang akan menjadi persoalaan adalah pelaku usaha yang terbiasa dengan margin keuntungan besar dan terpaksa harus menyusaikan diri agar margin keuntungannya tidak terlalu besar.

Pelaku usaha yang tidak mengikuti HET Beras tersebut akan dikenakan sangsi berupa pencabutan izin usaha oleh pejabat penerbit setelah sebelumnya diberikan peringatan tertulis sebanyak 2 kali.

Reporter: Alija Berlian Fani

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini