News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pesawat Garuda Pecah Ban di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ILUSTRASI - Pesawat Garuda Indonesia di apron Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, 24 Februari 2020.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Landasan pacu Bandara Syamsudin Noor, kembali dibuka setelah insiden pecah ban pesawat Garuda Indonesia.

Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura (AP) I, Handy Heryudhitiawan, mengatakan runway kembali dibuka pada pukul 18.00 WITA berdasarkan Notam nomor B1216/20 NOTAMC B1213/20 setelah sempat ditutup akibat insiden pecah ban pesawat Garuda Indonesia.

"Dalam insiden pecah ban pesawat ini tidak ada korbang jiwa," ucap Handy dalam keterangan resminya, Kamis (11/6/2020).

Handy mengatakan, pesawat dengan nomor penerbangan GA532 dan tipe pesawat Boeing B738 rute Jakarta (CGK) - Banjarmasin (BDJ) itu mendarat pukul 15.08 WITA dan mengalami pecah ban di runway bandara.

Baca: Covid-19 Bikin Pahit Bisnis Airline, Garuda Tujuan Pontianak Pernah Hanya Terbangkan 4 Penumpang

"kemudian pukul 16.00 - 16.20 WITA dilakukan proses evakuasi, terhadap 35 penumpang yang terdapat pada pesawat tersebut," kata Handy

Kemudian Handry juga menyebutkan, dengan adanya insiden itu langsung diterbitkan Notam B12112/20 NOTAMN perihal pesawat yang menghalangi runway, sehingga runway 10/28 ditutup untuk sementara. 

Baca: Erick Thohir Angkat Pejabat BIN Jadi Dewan Komisaris Antam

"Pada pukul 17.45 WITA, pesawat berhasil ditarik dari runway, sehingga dapat digunakan kembali dan dibuka pada pukul 18.00 WITA," ujar Handy.

Adapun insiden ini, menurut Handy, mengakibatkan keterlambatan pada dua jadwal penerbangan yaitu penerbangan Citilink dengan rute Banjarmasin-Surabaya dan Lion Air rute Semarang-Banjarmasin.

Baca: Bikin Negara Rugi Rp 16,8 Triliun, Dirut Jiwasraya Hendrisman Suka Dipanggil Chief

"Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin telah melakukan kordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), untuk memastikan tindak lanjut  penanganan insiden pesawat tersebut," ucap Handy.

Handy menambahkan, pihaknya maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat insiden pesawat Garuda Indonesia ini.

"Kami senantiasa mengutamakan kenyamanan pengguna jasa bandara, termasuk ketika dalam kondisi gangguan operasional penerbangan," Handy.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini