News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

UMKM Go Digital

Apa Jadinya Kalau Kita Punya Mal Khusus Produk Indonesia?

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi.

TRIBUNNEWS.COM – Pandemi sekarang ini tentu membuat kita rindu untuk menghabiskan aktivitas di luar rumah. Tidak perlu ke luar negeri, keliling mal seharian saja rasanya sudah cukup menghibur.

Tidak mungkin kita bisa hidup tanpa mal. Selain sebagai tempat nongkrong yang asyik, mal menjadi tempat one-stop-shop yang bisa kamu andalkan untuk memenuhi kebutuhan seumur hidup. Mau TV layar datar? Ada. Mau baju tren terbaru? Ada juga.

Sayangnya, untuk mencegah penyebaran virus COVID-19, akan lebih baik kalau kita tidak bepergian ke mal dulu. Kamu bisa alokasikan uang belanja untuk membantu UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Seperti diketahui, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Mereka adalah ujung tombak perputaran ekonomi dalam negeri. Berdasarkan publikasi Kompas.com pada Jumat (20/12/2019) lalu, UMKM menyumbang 60,34 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) nasional dan menyumbang 58,18 persen dari total investasi.

Selama pandemi, UMKM menjadi kelompok yang rentan terkena efek domino virus COVID-19. Tak sedikit UMKM jatuh tengkurap akibat badai ini. Misalnya saja, warung-warung kecil yang terpaksa tutup karena sepi pembeli.

Mal Virtual Khusus Produk UMKM 

Mau tidak mau, pelaku UMKM harus belajar kembali untuk mampu beradaptasi dengan teknologi digital. Hanya melalui aplikasi mobile, pelanggan bisa mengakses produk-produk UMKM dengan mudah dan cepat. Selain itu lewat marketplace, pelanggan bisa menikmati berbagai promo menarik yang ditawarkan pada musim tertentu.

Kini hadir ‘virtual mall’ yang khusus menjual produk-produk UMKM dari seluruh penjuru Indonesia, namanya Indonesia Mall. Indonesia Mall adalah program kerja Bank BRI dengan beberapa e-commerce yang bertujuan membantu UMKM di Indonesia agar produknya bisa terjual secara online.

Ilustrasi.

Di toko ini, semua brand berkumpul menjadi satu sehingga memudahkan kamu bila ingin one-stop-shop dalam satu waktu. Mulai dari cokelat Bale Sehat asal Sumatera Barat sampai dompet wanita Olsabara yang khas dengan tenun Kalimantan timur bisa kamu temukan disini! 

Saat ini Indonesia Mall sudah mengkurasi UMKM di kota berikut: Bandung, Makassar, Medan, Jakarta, Yogyakarta, Malang, hingga Surabaya. Bagi kamu yang minat dengan pernak-pernik khas Bali, sabar ya karena sebentar lagi UMKM Denpasar akan bergabung.

Terus bagaimana caranya kamu bisa belanja di Idonesia Mall? Gampang! Kunjungi e-commerce kesayangan kamu (Tokopedia, Shopee, BukaLapak, LAZADA, Blibli.com), lalu search toko Indonesia Mall, nanti muncul deh katalog produk-produk UMKM yang mau kamu serbu. 

Tidak hanya membantu UMKM berjualan online, Bank BRI menyediakan modal untuk meningkatkan kapasitas produksi para pelaku UMKM. BRI juga membantu akses produk UMKM untuk bisa diekspor ke luar negeri melalui platform Qoo10 Singapura. Produk UMKM Indonesia pun bisa dibeli oleh warga negara Singapura. Menarik, kan?

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Indonesia Mall, hubungi Contact BRI 14017/1500017.

Penulis: Dana Delani

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini