News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

IDSurvey Lanjuti Pilot Project Dekarbonisasi BUMN dengan Telaah Ekosistem Perdagangan

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Saat forum FGD bertajuk ‘Telaah Ekosistem Perdagangan Karbon di Indonesia: Diskusi Keberhasilan Penentuan CAP Sektoral', Kamis (17/2/2022)

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - IDSurvey yang dipimpin oleh PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI melanjutkan langkah Pilot Project Dekarbonisasi BUMN.

Hal tersebut dilakukan dengan menggelar diskusi dalam forum FGD bertajuk ‘Telaah Ekosistem Perdagangan Karbon di Indonesia: Diskusi Keberhasilan Penentuan CAP Sektoral'.

Direktur Utama BKI Rudiyanto melalui sambutannya berharap dukungan berbagai pihak khususnya Kementerian Koordinator Maritim Investasi, Kementerian BUMN, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Baca juga: Wakil Menteri BUMN Singgung Peran Perhutani dan PTPN Soal Dekarbonisasi

"Serta kementrian ESDM, 7 BUMN yang terlibat dalam pilot project dekarbonisasi di lingkup BUMN, perusahaan swasta maupun praktisi dan ahli dalam hal ini adalah Indonesia Research Institute for Decarbonization (IRID)," ujarnya dalam keterangan, Kamis (17/2/2022).

Rudiyanto menuturkan, seluruh pihak dapat gotong royong saling mendukung dan mengakselerasi program Pemerintah.

"Terutama guna terbentuknya ekosistem ekonomi hijau di BUMN secara khusus dan Indonesia secara umum dalam menuju target carbon neutral pada tahun 2060," imbuhnya.

Ia berharap dalam kegiatan FGD tersebut dapat menjadi gambaran bagaimana CAP emisi karbon ditetapkan, sehingga setelah penetapan CAP diharapkan bisa mendukung adanya sebuah kegiatan offset dalam mekanisme dan ekosistem perdagangan karbon. 

“Kami berharap dengan terlaksananya FGD ini dapat memberikan gambaran secara holistik dan teknik terkait dengan penentuan CAP sektoral,” tukas Rudiyanto.

Baca juga: Hadapi Isu Dekarbonisasi, Erick Thohir Dorong Insan BUMN Ikut Gerakan Menanam Pohon

Di kesempatan yang sama Wakil Menteri BUMN I Kementerian BUMN RI Pahala Nugraha Mansury dalam sambutannya mengatakan, dalam mendukung kebijakan pemerintah mencapai Net Zero Emission di tahun 2060 serta pengurangan emisi gas rumah kaca berbasis National Determined Contribution (NDC) hingga 29% pada 2030.

"Kementerian BUMN melakukan beberapa upaya yaitu salah satunya dengan mendorong terlaksananya pilot project pasar karbon antar BUMN," katanya.

Baca juga: Kementerian BUMN Dorong Perusahaan Pelat Merah Terapkan Dekarbonisasi

Pahala mengatakan bahwa pilot pertukaran karbon BUMN ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dan manfaat untuk pembangunan pasar karbon dengan scope yang lebih luas di Indonesia.

Menurut Pahala, dengan adanya kolaborasi antara BUMN dengan Kementerian/Lembaga juga diharapkan mekanisme pasar karbon BUMN yang dirancang dapat align dengan ketentuan desain pasar karbon nasional dan terintegrasi dengan Sistem Registri Nasional (SRN) KLHK. 

“Dengan diadakannya kegiatan FGD ini diharapkan kami dan BUMN yang terlibat bisa mendapatkan insight dari para regulator (Kementerian/Lembaga) khususnya KLHK dan KESDM serta dari private sector mengenai regulasi dan informasi dalam penentuan CAP sectoral tersebut,” tutur Pahala.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini