News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pesawat Garuda Indonesia Rute Makassar-Palu Alami Turbulensi Hebat, Ini Kata Manajemen

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pesawat Garuda Indonesia

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Garuda Indonesia (Persero) angkat bicara, terkait beredarnya video suasana di dalam kabin pesawat yang mengalami turbulensi.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada penerbangan GA 608 rute Makassar-Palu pada 29 Mei 2022 lalu.

Irfan mengatakan, sebelum pesawat mendarat pilot melakukan antisipatif melalui prosedur go around karena cuaca buruk yang terjadi.

Baca juga: Harga Tiket Penerbangan Jakarta-Singapura Tembus Rp 12 Juta, Ini Penjelasan Garuda Indonesia

“Pilot melakukan prosedur go around untuk menyesuaikan ketinggian pesawat untuk memastikan kondisi cuaca dalam keadaan kondusif untuk kembali mendarat,” kata Irfan, Rabu (1/6/2022).

Setelah melakukan prosedur go around dan sempat mengalami turbulensi, lanjut Irfan, pesawat dengan nomor penerbangan GA 608 berhasil mendarat dengan lancar.

“Kami menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada seluruh penumpang pada penerbangan tersebut, atas ketidaknyamanan yang dialami imbas cuaca buruk yang terjadi,” ujar Irfan.

Sebagai informasi, prosedur go around merupakan bagian dari mitigasi keselamatan penerbangan yang dilakukan Pilot in Command (PIC) dengan turut berkoordinasi bersama Air Traffic Controller (ATC).

Prosedur ini dilakukan dengan memperhatikan secara seksama atas aspek keselamatan dan keamanan penerbangan termasuk didalamnya penumpang beserta awak pesawat.

Sebelumnya, beredar sebuah video penumpang pesawat Garuda Indonesia yang histeris karena pesawat yang ditumpangi mengalami turbulensi.

Dalam video yang diterima Tribunnews.com, terlihat video tersebut menunjukkan suasana kabin pesawat yang sedang mengalami turbulensi hebat hingga membuat penumpang berteriak histeris.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini