News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mitra Binaan Peruri Gabung di Program UMKM BUMN Go Online, Ini Pesan Erick Thohir

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri BUMN Erick Thohir di Program 30.000 UMKM BUMN Go Online yang diselenggarakan Kementerian BUMN beberapa waktu lalu di Jakarta.

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan Peruri mengikuti program 30.000 UMKM BUMN Go Online yang diselenggarakan Kementerian BUMN beberapa waktu lalu di Jakarta.

Dengan bergabung di program ini, UMKM mitra binaan mendapatkan pelatihan untuk membantu meningkatkan kapasitas dan kapabilitas bisnis mereka agar bisa naik kelas.

UMKM mitra binaan yang mengikuti program ini memiliki jenis usaha yang beragam, di antaranya di bidang food, fashion dan craft/kerajinan.

Baca juga: UMKM Binaan Rumah BUMN Jadi Mesin Pendorong Perekonomian Daerah

Melalui program ini mereka akan mendapatkan materi pelatihan langsung dari perusahaan e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Gojek, dan MySooltan serta PaDi UMKM. Mereka juga mendapatkan asistensi selama 3 bulan.

Di sesi talkshow, Menteri BUMN RI, Erick Thohir menyampaikan, UMKM berperan penting dalam konstelasi perekonomian nasional. "UMKM adalah mayoritas ekonomi Indonesia, pencipta lapangan kerja," ujar Erick Thohir.

Sebagai bentuk dukungan kepada UMKM, Kementerian BUMN dan beberapa BUMN menyalurkan pembiayaan untuk UMKM senilai Rp 386 triliun. Eric Thohir mengatakan sebanyak 92 persen pembiayaan tersebut berasal dari bank-bank BUMN.

"Pembiayaannya ada, tinggal kita mau maju atau tidak," kata Erick Thohir.

Ratih Sukma, Kepala Biro TJSL Peruri mengatakan, UMKM perlu mampu beradaptasi dengan teknologi digital untuk mengembangkan bisnis mereka.

"Jika tidak, mereka akan tertinggal dan usahanya sulit untuk berkembang,” ujar Ratih Sukma.

Ratih menambahkan, ke depan Peruri akan menjadikan Rumah BUMN Karawang sebagai wadah pelatihan bagi UMKM di wKarawang dan sekitarnya agar para UMKM dapat bersaing di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat.

“Kami akan terus dukung para UMKM agar bisa mengembangkan produknya menjadi lebih berkualitas dengan desain produk yang menarik dan cara-cara pemasaran yang cocok dengan kondisi terkini,” ujar Ratih Sukma.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini