News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

KTT G20 Bali

Cerita Tentang Tas Ransel Terbuat dari 50 Botol Plastik di KTT G20 Nusa Dua, Bali

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat melihat dari dekat tas ransel Cosavior 45 yang terbuat dari botol plastik di side event KTT G20, Bali.

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Cerita-cerita menarik tentang sisi lain Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua Bali, 15-16 November 2022 kemarin masih ada yang bisa dibagikan.

Satu diantaranya adalah tentang sebuah tas ransel unik yang terbuat dari 50 botol minuman dari plastik.

Tas ransel ini diberi nama Cosavior 45 buatan Eiger. Ransel ini terbuat dari 50 buah botol minum plastik ukuran 500 ml dan dipamerkan di Future SMEs Village, salah satu side event KTT G20 Bali bertajuk “Future SMEs Village: Local Wisdom for Global Sustainability” dan diselenggarakan pada 10-19 November 2022 di Bali Collection, Nusa Dua, Bali.

Baca juga: Brings MSMEs Indonesia to the World, Sinergi BRI dan Kemenkop UKM bawa UMKM Lokal Tampil di G-20

Future SMEs Village adalah sebuah area pameran yang ditujukan untuk para delegasi KTT G20 berkumpul dan bersantai sambal menikmati sajian aneka produk Indonesia, mulai dari makanan, kerajinan seni dan budaya, fashion dan gaya hidup.

Venue ini juga menampilkan produk-produk lokal yang mendukung dan aktif menyuarakan masa depan yang berkelanjutan kepada para delegasi.

Dari segi ergonomis, ransel ini sangat nyaman karena sudah menggunakan Ergocomfort Eco Natural Flexibility Technology. Yaitu pengembangan dari teknologi backsystem Ergocomfort yang memiliki pengaturan praktis dengan menggunakan frame bambu sebagai material alam yang sustainable untuk memberikan kenyamanan saat membawa beban.

Dari segi desain, tas ini pernah meraih beberapa penghargaan Best 3 di kategori Design Concept di ajang Indonesia Good Design 2020, Best winner Good Design Indonesia 2021, Winner Golden Pin Design Award 2021 di Taiwan.

Di side event Future SMEs Village juga dipamerkan sepeda listrik Adventure Electric Bike, hasil kolaborasi Eiger Adenture bersama sebuah UKM bidang otomotif bernama SMEV, yang dirancang sebagai kendaraan jelajah yang ramah lingkungan.

Ada juga Eiger 1989 x Taman Nasional Collection yang terinspirasi dari beragam keunikan dan keindahan flora dan fauna di 54 Taman Nasional di Indonesia. Bahan t-shirt-nya sudah menggunakan teknologi Tencel yang secara khusus dibuat dari serat Lyocell yang ramah lingkungan.

“Di Future SMEs Village ini, kami ingin menunjukkan kepada para delegasi visi dan misi kita untuk menjaga bumi lewat produk-produk yang kami tampilkan. Mulai dari pemilihan material, pengolahaan limbah hingga sampai ke tangan konsumen, semangat keberlanjutan tetap kami jaga,” ujar Riadi Suwarno, Marketing General Manager, PT Eigerindo MPI dalam keterangan pers tertulis yang dikutip Sabtu, 19 November 2022.

Dia mengatakan, gerakan ‘Untuk Bumi, Untuk Nanti’ merupakan semangat baru untuk menjalankan misi besar melindungi masa depan dan generasi selanjutnya. "Kami ingin menjadi bagian dari maraton panjang menyelamatkan bumi,” ujar Riadi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini