News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Empat Bank Kucuri Kredit Sindikasi Berkelanjutan Senilai Rp901,42 Miliar ke Semen Baturaja

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Direktur Utama PT Semen Baturaja Tbk, Daconi Khotob menandatangani Perjanjian Kredit Sindikasi Sustainability Linked Loan (SLL) di Jakarta, Selasa (28/3/2023).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) dapat kredit sindikasi berkelanjutan dari empat bank senilai Rp901,42 miliar.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kredit Sindikasi Sustainability Linked Loan (SLL) antara anak usaha SIG tersebut dengan empat bank, antara lain PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, dan PT Bank HSBC Indonesia.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko SIG, Andriano Hosny Panangian mengatakan, program SLL merupakan wujud keseriusan SIG dalam implementasi aspek ESG yang menjadi bagian dari upaya perusahaan menurunkan emisi karbon, melalui standar operasi berkelanjutan yang berdampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat.

Baca juga: Dorong Ekspansi Kredit, Bank DKI Pimpin Kredit Sindikasi untuk BFI Finance Senilai Rp 1,6 Triliun

"SIG terus mendorong reprofiling capital structure di lingkungan SIG Group yang mendukung keberlanjutan, guna menciptakan perlindungan lingkungan dan tanggung jawab sosial yang berkelanjutan. Hal ini sangat penting terutama terkait dengan going concern dan ketahanan perusahaan di masa mendatang," kata Andriano dalam keterangannya, Kamis (30/3/2023).

Direktur Utama Semen Baturaja, Daconi Khotob menyampaikan, program SLL ini semakin memperkuat komitmen perusahaan dalam keberlanjutan melalui implementasi prinsip ESG, dan memberikan landasan penting untuk melakukan aktivitas bisnis yang lebih berwawasan lingkungan.

"Kredit Sindikasi SLL ini akan memberikan banyak manfaat bagi Semen Baturaja, di antaranya tingkat suku bunga yang lebih rendah dibandingkan conventional loan, term sheet yang lebih menarik, adanya keleluasaan untuk melakukan pelunasan dipercepat, serta memperluas cakupan investor mengingat Semen Baturaja merupakan perusahaan terbuka," ujar Daconi Khotob.

Head of Corporate Banking 3 Division Bank BNI, Dipo Nugroho mengatakan, BNI selaku agen dan SLL koordinator sangat mendukung SIG dalam upaya menjaga keberlangsungan lingkungan dan memberikan dampak positif bagi kehidupan sosial.

“SLL merupakan program yang sangat positif dan BNI berkomitmen untuk mendukung kebijakan-kebijakan terkait sustainability. Ini menjadi milestone yang sangat penting bagi BNI dan kami sangat beraharap kerja sama ini terus berjalan untuk menyukseskan bisnis SIG ke depannya, kata Dipo Nugroho.

SLL adalah skema refinancing eksisting utang bank sindikasi, dengan tidak menambah beban utang. SLL juga memberikan benefit penurunan margin bunga dibandingkan utang bank sindikasi eksisting dengan term yang lebih baik.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini