News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Empat Platform Live Shopping Paling Digemari di Indonesia Versi Lembaga Survei, Shopee Live Teratas

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Riset Populix tentang Platform Live Streaming Paling Sering Digunakan untuk Belanja.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tren live shopping atau berbelanja dan berjualan melalui fitur live streaming terus meningkat dan menunjukan potensi besar. Interaksi real-time menjadi daya tarik utama model transaksi semacam ini dan meningkatkan keterlibatan calon pembeli secara aktif saat berbelanja online.

Startup penyedia jasa riset Populix meluncurkan laporan "Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia" yang membahas tentang perilaku dan sikap pengguna e-commerce terhadap live streaming.

Co-Founder dan CEO Populix Timothy Astandu mengatakan berbagai konten atraktif, kreatif dan interaksi yang proaktif menjadi keunggulan dari tren Live Shopping melalui fitur streaming.

"Promo menarik yang diberikan juga semakin meningkatkan daya beli masyarakat untuk berbelanja secara real-time. Para pelaku usaha pun juga merasakan dampak positif, sehingga untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas, terdapat berbagai aspek-aspek yang mereka harus didalami untuk mempelajari pergerakan perilaku konsumen saat berbelanja online khususnya melalui fitur live streaming," tutur Timothy, Jumat (9/6/2023).

Sebagian besar pemain e-commerce di Indonesia mengembangkan fitur live streaming untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Baca juga: TikTok Kini Rambah Bisnis E-Commerce, Kenalkan Fitur Live Shopping

"Kami ingin mengerucut terhadap tren itu sendiri, apakah posisi platform pada market e-commerce saat ini mempengaruhi preferensi konsumen terhadap fitur live streaming yang dihadirkan dari masing-masing pemain," imbuhnya.

Berdasarkan survei yang dilakukan pada 506 laki-laki dan perempuan berumur 17-45 tahun pada bulan Mei 2023, mengungkapkan 69 persen responden mengatakan Shopee Live merupakan fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Sementara, TikTok Live 25 persen, Tokopedia Play 4 persen dan LazLive 2 persen.

Baca juga: Tren Live Shopping di Media Sosial, Jadi Tempat Baru Cari Cuan Sampai Jutaan Rupiah!

Menurut survei ini, Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat masyarakat Indonesia dengan hasil 60 persen responden, sementara TikTok Live 30 persen, LazLive 4 persen dan Tokopedia Play 2 persen.

"Hal ini sejalan dengan hasil riset kami, di mana Shopee Live memiliki pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi dan pangsa pasar nilai transaksi tertinggi, dibandingkan para pesaingnya," kata dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini