News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Inovasi Jadi Cara Sharp Menangkan Pasar Elektronik Konsumer di Indonesia

Penulis: Fauzi Nur Alamsyah
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Andry Adi Utomo, National Sales Senior General Manager Sharp Indonesia.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fauzi Alamsyah

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Perusahaan elektronik asal Jepang, Sharp, berusaha memuaskan kebutuhan konsumennya di Indonesia melalui inovasi yang dilakukan terus-menerus.

"Berinovasi terus, kita tidak pernah takut untuk berinovasi, dan berinovasi sesuai dengan target pasarnya, makanya kita cari tahu produk apa yang bisa kita jual di Indonesia. Itu yang kita lihat," kata Andry Adi Utomo, National Sales Senior General Manager Sharp Indonesia di acara Sharp Tech Day 2023 di Tokyo, Jepang, Jumat (10/10/2023).

"Kekuatan kita yang selalu kita lakukan kita selalu beriinovasi, jadi kita tidak pernah biarin barang itu lama, Jadi terus diganti, tergantung per kategorinya. Yang paling cepat produk TV, hampir setiap 6 bulan sekali keluar model baru," ujar Andry.

Selain itu PT Sharp Electronics Indonesia memperkuat network di Indonesia kini memiliki jaringan penjualan dan purna jual paling luas di Tanah Air.

"Kekuatan Sharp salah satunya di jaringan network yang luas. Kita punya 25 cabang di Indonesia, dan kita punya jaringan sales lebih dari 400 titik di Indonesia itu membuat orang lebih confidenr untuk pakai barang kita dan kita hadir di Indonesia sudah 53 tahun," ujarnya.

Baca juga: Ulang Tahun Ke-111 Tahun, Sharp Gelar Pameran Teknologi Inovasi

Andry juga mengungkapkan target segmentasi pasar Sharp di Indonesia yang lebih didominasi kalangan menengah dan bawah.

"Lebih ke B dan C, kenapa Sharp tidak meninggalkan C karena di Indonesia ada 50 juta kepala keluarga, setiap tahun ada 1 juta kelapa keluarga baru. masih ada yang penghasilannya pas pasan nah kita dalam pasar BC ini untuk orang yang pertama kali beli elektronik itu sharp, dulu sempat ingin ninggalin C dan ke A, B," urainya.

"Di Indonesia memang segmen masih di pegang B dan C," lanjut Andre Andry Adi Utomo.

Baca juga: Sharp Investasikan Rp 640,2 Miliar di Karawang, Produksi 1,2 Juta Unit AC Per Tahun

Beberapa produk Sharp yang jadi unggulan penjualan di Indonesia antara lain lemari es, AC, mesin cuci hingga TV LCD.

"Kita saat ini paling kuat di lemari es. Kita jadi nomor satum hampir 28-29 persen (market share). Kemudian yang kedua, produk AC ada di 25 persen, lalu mesin cuci 28 persen. Kalau produk televisi LCD kita di nomor 3, 4. Itu empat pilar produksi yang kita punya yang pabriknya ada di Indonesia," bebernya.

Sharp Tech Day diselenggarakan selama tiga hari pada 10-12 November 2023 di Tokyo Big Sight, Koto-Ku, Tokyo. Ini merupakan event pameran teknologi dan inovasi Sharp sekaligus perayaan hari jadi Sharp yang ke-111 tahun.

Baca juga: Smartphone Flagship Sharp Aquos R7s Meluncur dengan Sensor Kamera 1 Inci, Harga Segini

Mengangkat tema Be a Game Changer, Sharp Tech Day menampilkan empat zona di dalamnya untuk memamerkan inovasi dan teknologi berupa kecerdasan buatan atau AI.

Empat zona tersebut adalah Smart Living, Smart Industry, Smart Cities, dan Sustainability.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini