News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Modus Penipuan Makin Canggih, Nasabah Danamon Diajak untuk Lebih Melek dan Waspada

Penulis: Matheus Elmerio Manalu
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Video YouTube ‘Danamon Financial Friday Eps. 150: Waspada Modus Penyebab Dompet Hangus menampilkan obrolan santai antara Mak Comblang Finansial Raye Shabrina, Digital Analyst Felice Nicole Mangunpratomo dan Karyawan Swasta Sonia membahas berbagai macam modus penipuan.

TRIBUNNEWS.COM - Salah satu dampak negatif dari perkembangan teknologi digital sedang dirasakan masyarakat, yakni maraknya berbagai modus penipuan online. Sebagai pengguna teknologi digital, tentunya kamu harus senantiasa waspada akan berbagai risiko dan bahayanya!

Menyadari masih banyaknya bahaya keamanan informasi pribadi dan finansial yang dapat mengancam siapa saja, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) terus memberikan edukasi kepada para nasabah dan seluruh masyarakat Indonesia agar lebih waspada terhadap penipuan online yang marak terjadi.

Sebelum mengetahui cara mengatasi penipuan online yang marak terjadi, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa saja modus penipuan yang biasa digunakan para oknum tak bertanggung jawab. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini.

Baca juga: Ingin Persiapkan Ibadah Haji dengan Lebih Mudah? Manfaatkan Layanan Haji Khusus Danamon Syariah!

1. Phishing

Phishing adalah taktik penipuan online di mana penipu mencoba memperoleh informasi pribadi dan keuangan dari korban dengan menyamar sebagai entitas terpercaya. Umumnya, mereka mengirimkan email, pesan teks, atau pesan via WhatsApp berupa link palsu yang tampak seperti berasal dari bank atau lembaga keuangan resmi.

Korban kemudian diminta untuk mengklik link palsu dan memasukkan informasi sensitif seperti nomor rekening bank, kata sandi, dan nomor kartu kredit. Penipuan ini bertujuan untuk mencuri data serta uang dari akun bank korban.

2. Malware

Malware (malicious software) adalah perangkat lunak berbahaya yang dapat diunduh atau dipasang di komputer atau smartphone tanpa sepengetahuan korban. Salah satu jenis malware adalah perangkat lunak pencurian informasi yang dapat membobol data perbankan korban, seperti kata sandi dan nomor rekening.

Setelah malware terpasang di komputer atau smartphone korban,, penipu dapat mengakses segala informasi yang diperlukan untuk mencuri uang dari akun bank korban.

3. Scamming

Scamming melibatkan berbagai jenis penipuan online yang bertujuan untuk mengelabui korban agar mengirimkan uang atau informasi pribadi kepada penipu.

Scamming bisa dilakukan lewat berbagai jenis modus, mulai dari penawaran investasi palsu, jual-beli barang palsu, bahkan sampai penipuan cinta dengan identitas palsu.

Baca juga: Rayakan HUT ke-67, Danamon Berikan 67 Motor Listrik ke Mitra Koperasi

4. Social Engineering

Social engineering adalah taktik di mana penipu memanipulasi korban secara psikologis untuk mendapatkan informasi rahasia atau akses ke akun mereka.

Penipu biasanya berpura-pura menjadi pegawai bank, menghubungi korban dan meminta informasi seperti nomor rekening atau kata sandi dengan berbagai alasan yang tampak sah. Ini dapat mengarah pada penyalahgunaan akun bank korban.

5. Ransomware

Ransomware adalah jenis malware yang mengenkripsi data di komputer atau smartphone korban, yang kemudian dengan bebas mengambil data-data pribadi. Jika seorang karyawan bank terkena ransomware, ini dapat mengganggu operasi bank dan mengakibatkan kerugian finansial signifikan.

Begitu juga nasabah, jika terkena ransomware, data-data pribadi yang dibutuhkan, seperti alamat email, password hingga pin untuk mobile banking, bisa didapatkan oleh pelaku penipuan.

Ketahui cara mengatasi modus penipuan online bersama Bank Danamon

Setelah mengetahui berbagai macam modus penipuan online di atas, tentunya kamu juga perlu adalah mengetahui cara untuk mencegah dan mengatasinya.

Nah, Bank Danamon hadir untuk mengedukasi para nasabah dan masyarakat luas tentang cara mengatasi penipuan online lewat video YouTube ‘Danamon Financial Friday Eps. 150: Waspada Modus Penyebab Dompet Hangus’.

Baca juga: Dorong Pertumbuhan Bisnis dan Startup, MUFG-Danamon Gelar Business and Investment Matching Fair

Di episode ini, Sonia (Karyawan Swasta) bercerita bahwa ia sedang dalam musibah karena mengalami salah satu jenis modus penipuan online. Lewat  obrolan santainya bersama Raye Shabrina (Mak Comblang Finansial) dan Felice Nicole Mangunpratomo (Digital Analyst - Expert Danamon), kamu bisa mengetahui lebih lanjut tentang modus penipuan online serta cara mengatasinya.

Penasaran kan bagaimana kisah Sonia dan solusi yang diberikan oleh Felice dan Raye? Saksikan selengkapnya di link ini!

Kamu juga bisa mengetahui informasi lengkap tentang mengatasi dan mencegah modus penipuan online bersama Bank Danamon dengan berkunjung ke halaman ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini