News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

PLN Batam Dapat Pasokan Gas Bumi Sekitar 10 BBTUD untuk Produksi Listrik

Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi pembangkit listrik. Penyaluran gas bumi untuk PLN Batam sebagai bagian dari Pertamina dalam menyediakan alternatif energi di masa transisi.

TRIBUNNEWS.COM, - PLN Batam mendapat pasokan gas bumi dari PGN sekitar 10 billion british thermal unit per day (BBTUD) untuk bahan bakar pembangkit listrik.

General Manager PGN Sales and Operation Region I (SOR I) Andi Sangga Prasetia mengatakan, penyaluran gas perdana telah dilakukan sejak Oktober 2023, di mana kontrak penyaluran gas bumi ini berlangsung untuk multi years.

Nantinya, pembangkit listrik yang dialiri merupakan plant baru yang menyuplai kebutuhan listrik Kawasan Industri Kabil dan sekitarnya.

Baca juga: Kolaborasi dengan Korea Selatan, PLN Mulai Jajaki Pemanfaatan Energi Nuklir

Adapun kapasitas pembangkit tersebut diperkirakan mampu menghasilkan listrik sekitar 50 MW.

"Penyaluran gas bumi untuk PLN Batam merupakan kontribusi PGN sebagai bagian dari Pertamina dalam menyediakan alternatif energi di masa transisi. Hal ini juga sebagai upaya untuk mendorong pertumbuhan industri di kawasan Pulau Batam," kata Andi dikutip dari Kontan, Rabu (6/12/2023).

Sampai dengan saat ini, PGN SOR I telah menyalurkan gas bumi sebesar 163 BBTUD untuk 138.253 pelanggan di berbagai sektor mulai dari rumah tangga, industri dan komersial, usaha kecil, transportasi dan pembangkit listrik.

Demi memuluskan penyaluran gas ke KI Kabil, PGN mengucurkan investasi untuk pembangunan pipa sepanjang 3,1 km menuju titik serah yang berlokasi di Kabil.

PGN Area Head Batam Wendi Purwanto menambahkan, PGN area Batam sebelumnya juga melayani beberapa pelanggan pembangkit listrik yakni Energi Listrik Batam, PLN Batam Pulau Pemping, Batamindo Investment Cakrawala, Panbil Utilitas Sentosa dan Tunas Energi.

Secara keseluruhan, PGN area Batam menyalurkan gas bumi ke pelanggan kelistrikan sebesar ±80 BBTUD. Jumlah penyaluran tersebut mendominasi penyaluran gas bumi di wilayah Batam kurang lebih 82 persen.

"Melihat besarnya penyerapan gas dari pelanggan pembangkit listrik memacu kami untuk memperkuat layanan gas bumi untuk kelistrikkan," terang Wendi.

Wendi memastikan, PGN Area Batam tetap menjaga komitmen melayani dan mengembangkan pemanfaatan gas bumi di sektor rumah tangga hingga industri.

Hingga saat ini, total jaringan gas bumi PGN di Batam sepanjang ± 270 KM untuk melayani 102 industri& komersial, 5.774 rumah tangg dan 68 usaha kecil. (Filemon Agung/Kontan)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini