News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Minat Investasi Makin Meningkat, Investor Pasar Modal Didominasi Generasi Z dan Milenial

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi: Pengunjung beraktivitas di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Antusiasme investasi reksa dana di kalangan anak muda baik generasi Milenial maupun Gen Z kian tinggi dibandingkan kalangan lain

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Antusiasme investasi reksa dana di kalangan anak muda baik generasi Milenial maupun Gen Z kian tinggi dibandingkan kalangan lain.

Data KSEI per September 2023 menunjukkan investor pasar modal di Indonesia didominasi oleh Generasi Z dan Milenial dengan usia 30 tahun ke bawah dan 31—40 tahun dengan jumlah mencapai lebih dari 80 persen.

Chief Investment Officer Insight Investments, Camar Remoa melihat fenomena ini sejalan dengan adanya tren pengelolaan aset saat ini, salah satunya yakni terkait integrasi kepedulian terhadap Environmental, Social and Governance (ESG) dan keberlanjutan.

Baca juga: Majukan Industri Pasar Modal, BEI dan Stockbit Operasikan Galeri Investasi Digital

“Antusiasme investasi reksa dana di kalangan Generasi Z dan Milenial kian meningkat. Bersamaan pula dengan tren integrasi ESG dan keberlanjutan yang nampak terus mendominasi, membuat kami meyakini bahwa produk reksa dana berbasis ESG dalam tahun-tahun mendatang akan tetap menjadi salah satu produk favorit bagi para investor, terutama generasi muda,” jelas Camar ditulis Selasa (2/4/2024).

Menjawab tren ini, Camar menyampaikan bahwa Insight Investments juga memiliki produk reksa dana unggulan yang memiliki kontribusi terhadap lingkungan, khususnya Energi Baru Terbarukan (EBT), yakni Insight Renewable Energy Fund.

Ia menyebut, melalui produk ini maka investor secara tidak langsung turut berkontribusi terhadap berbagai kegiatan pengembangan Energi Baru Terbarukan di Indonesia.

“Sebagai salah satu produk reksa dana yang baru saja memborong penghargaan Best Mutual Funds Award 2024, Insight Renewable Energy Fund punya track record kinerja positif sejak diluncurkan yang mampu mengalahkan benchmark-nya yakni Infovesta Fixed Income Fund Index (Fig.1),” jelas Camar.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini