News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kurangi Ketergantungan pada Produk Impor, Perusahaan Elektronik Tingkatkan TKDN hingga 40 Persen

Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Indonesia Catalogue Expo and Forum (ICEF)

TRIBUNNEW.COM, JAKARTA - Untuk mendorong pertumbuhan industri elektronika nasional, perusahaan lokal meningkatkan TKDN (tingkat kandungan dalam negeri).

Salah satunya yaitu Panasonic yang meningkatkan TKDN hingga persen pada produknya.

“Kami berkomitmen mendukung proyek-proyek Pemerintah dengan produk-produk ber-TKDN sambil terus mengembangkan industri elektronik nasional dan pemberdayaan UMKM,” kata Direktur B2B/G Solution & Services PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI), Intan Abdams Katoppo, Senin (3/6/2024).

Baca juga: Tingkatkan Keamanan Armada, Pupuk Kaltim Gandeng PT TKDN Terapkan Teknologi

“Diharapkan dengan peningkatan TKDN, dapat mendorong pertumbuhan industri dalam negeri dan mengurangi ketergantungan pada produk impor, sekaligus mendorong tercapainya gerakan ‘Bangga Buatan Indonesia’,” lanjut Intan.

Komitmen tersebut ditunjukkan oleh Panasonic dengan menjadi salah satu sponsor pada acara Indonesia Catalogue Expo and Forum (ICEF) yang diprakarsai oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan KADIN Indonesia. ICEF kali ini berlangsung pada 29 Mei-31 Mei 2024, di JIEXPO Kemayoran Jakarta Hall B1-B2.

Baca juga: Raih Sertifikasi TKDN, Zoan Teknologi Penuhi Kebutuhan Pasar IT Dalam Negeri

ICEF diselenggarakan dalam rangka mempertemukan pelaku usaha guna mendorong penggunaan produk dalam negeri dan juga menjadi wadah sosialisasi e-katalog bagi pelaku usaha, yaitu sesuai dengan Instruksi Presiden No 2 tahun 2022 tentang percepatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro, usaha kecil dan koperasi. ICEF bertujuan menyukseskan gerakan nasional bangga buatan indonesia pada pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Raih TKDN Dua Produk

Sebelumnya, PT LG Electronics Indonesia (LG) baru saja mengumumkan pencapaian Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk dua kategori produknya dari lini bisnis Digital Display untuk menunjang kebutuhan bisnis dan pendidikan, yakni Commercial Smart TV dan CreateBoard.

Agustian Yusetia, Business Head of Information Display LG Electronics Indonesia mengatakan, CreateBoard merupakan inovasi LG pada papan tulis digital.

“Perkenalan perdana keenam produk dari dua kategori yang kami hadirkan hari ini, membawa dua arti penting sekaligus. Pertama, konsistensi LG untuk terus mengembangkan solusi kebutuhan layar untuk kepentingan konsumen bisnis. Di sisi lain, ini menegaskan komitmen kami dalam mengembangkan perekonomian dalam negeri lewat upaya semakin melokalkan produk melalui kebijakan TKDN,” ujar Agustian Yusetia di Jakarta hari ini, Kamis, 25 April 2024.

sebagian artikel ini sudah tayang di Kontan dengan judul Panasonic Hadir di ICEF 2024, Tegaskan Komitmen Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini