News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pelaku Industri Produsen Kabel Sepakat Tingkatkan Serapan Komponen dalam Negeri

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi kabel.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Diskusi bertema “Tantangan dan Strategi Peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri Menuju Kemandirian dan Pembangunan Industri Kabel Berkelanjutan” digelar pada Jumat (19/7/2024).

Diskusi panel ini digelar sebagai komitmen mendorong kolaborasi antara pemerintah, swasta, dan pelaku industri terkait.

Direktur PT Jembo Cable Company Tbk. Jimmy Wijaya Joeng mengatakan diskusi dapat berperan menjadi platform untuk berbagi pengalaman dan gagasan untuk peningkatan TKDN.

"Peningkatan TKDN adalah aspek yang perlu disoroti, mengingat kebijakan ini bertujuan memperkuat industri dalam negeri, mengurangi ketergantungan terhadap produk impor, serta menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia," kata dia dalam keterangannya pada Senin (22/7/2024).

Dia menjelaskan peningkatan TKDN diharapkan dapat berdampak positif yang signifikan terhadap peningkatan daya saing industri dalam negeri, dan mengurangi defisit neraca perdagangan.

Menurut dia, peningkatan TKDN berkelanjutan menjadi target berikutnya. Karena, kami melihat capaian TKDN sudah tinggi dibanding rata-rata industri nasional.

"Ke depan, kami berharap bahan baku berkualitas dapat didukung ketersediaan. Misalnya, meneruskan sistem sertifikasi online, mempromosikan industri bahan baku lokal yang berkualitas, dan sebagainya," ujarnya.

Pada beberapa bahan baku, ketersediaan di pasar dalam negeri sudah ada, tapi arus impor juga masih besar.

Peningkatan TKDN yang seiring dengan peningkatan kualitas produk juga terus digaungkan oleh perkumpulan pelaku usaha.

"Ke depan, semoga ada upaya sinergi untuk mengatasi hal ini," tambahnya.

Sementara itu, Chairman APKABEL Noval Jamalullail, mengatakan Indonesia perlu sesuatu yang sinergi langsung ke masyarakat.

"Bukan hanya meningkatkan kualitas layanan, tapi kita langsung sasar semua pasar yang ada dengan kualitas terbaik,” ujarnya.

Kepala Badan Standarisasi dan Kebijakan Jasa Industri Kementerian Perindustrian RI Andi Rizaldi berharap terjadi kolaborasi antara pemerintah, industri, dan lembaga terkait dalam mencapai target Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang lebih tinggi.

Untuk diketahui, rangkaian acara diskusi tersebut menjadi bagian dalam perayaan hari ulang tahun yang ke-51 Jembo Cable dengan tema “Through Dedication and Sustainability – We Build a Better Future”, sekaligus seremoni pergantian logo mereka.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini