News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemindahan Ibu Kota Negara

PLN Pasok Energi Bersih untuk Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 di IKN

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Proyek hunian pekerja kontruksi tahap 2 di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT PLN (Persero) menyiapkan pasokan listrik yang bersumber dari energi bersih ke Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk mendukung perayaan HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024.

"Kita menyiapkan 50 MW semuanya disuplai dari energi bersih, yaitu PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya)," kata Sekretaris Perusahaan PLN Alois Wisnuhardana di kawasan GBK, Jakarta, Kamis (1/8/2024) malam.

PLTS berkapasitas 50 MW itu merupakan pembangkit yang groundbreaking (peletakan batu pertama)-nya dilakukan pada November 2023 lalu.

PLTS tersebut dibangun melalui subholding PLN Nusantara Power (NP) bekerja sama dengan perusahaan energi asal Singapura, Sembcorp Utilities Pte. Ltd. Lokasinya berada di Sepaku, Penajam Paser Utara.

Alois mengatakan, meski PLTS tersebut berkapasitas 50 MW, saat ini yang tersedia baru sekitar 10 MW.

"Sekarang yang sudah ready untuk kebutuhan pertama itu adalah 10 MW. Semuanya itu sekarang mencukupi untuk kebutuhan IKN pada tahap pertama ini dan di 17 Agustus semuanya sudah ready," ujarnya.

Dalam kesempatan sama, Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi mengatakan, infrastruktur kelistrikan PLN dipastikan telah didukung dengan fiber optik yang andal.

"Smart system sudah kami uji dan kami monitor terus pelaksanaannya dan insyaallah sudah siap sampai 17 Agustus 2024," katanya.

Terkait dengan sistem telekomunikasi, Ari menyebut kondisinya sudah dalam posisi yang siap. Pada Senin mendatang, ia akan memeriksa langsung kesiapan ini agar bisa melayani IKN pada HUT ke-79 RI.

Baca juga: Tekan Emisi Karbon, PLN Suplai Listrik ke Smelter Ceria Group dari Energi Bersih

Sistem telekomunikasi ini akan digunakan oleh seluruh penyedia jasa telekomunikasi, baik itu operator seluler maupun penyedia internet.

"Semuanya dapat menggunakan backbone fiber optik yang dibangun oleh PLN Icon Plus, sudah siap di tahap satu ini di KIPP, kawasan 1A, sebelum tanggal 17 Agustus 2024," ujar Ari.

Sebelumnya ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) bermalam di IKN, ia mengatakan fasilitas di Istana Kepresidenan sudah mulai komplit.

Baca juga: Pertamina NRE Bidik Kapasitas Pembangkit 6 Gigawatt dari Energi Bersih di 2029

Jokowi mengungkapkan fasilitas listrik dan air sudah mulai tersedia di IKN.

"Ini saya ingin melihat. Saya diberi tahu air sudah masuk, listrik sudah ada. Kamar sudah ada," ujar Jokowi dalam konferensi pers yang disiarkan oleh Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (28/7/2024).

Dia mengatakan fasilitas untuk bermalam di Istana IKN juga sudah tersedia. "Tadi juga tempat tidurnya sudah ada. bisa tidur lah. Furnitur sudah ada," ungkap Jokowi.

Sebelum menginap, Jokowi mengecek jalan di IKN bersama sejumlah menteri kabinet, para pegiat seni, dan Influencer dengan bermotor.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini