News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dilanjut Hingga Desember, Pemerintah Jamin Penyaluran Bansos Beras Bakal Tepat Sasaran

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah telah memutuskan program bantuan sosial (bansos) berupa bantuan pangan beras akan dilanjut hingga Desember 2024.

Namun, kali ini penyalurannya dilakukan dua bulan sekali. Dimulai pada Agustus ini, kemudian berlanjut ke Oktober, dan terakhir Desember.

Beras akan disalurkan kepada 22 juta Kelompok Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia. Mereka akan menerima 10 kg beras per bulannya.

Baca juga: Bansos Sembako Siap Cair Agustus 2024, Masyarakat Bisa Terima Rp 400 Ribu, Ini Cara Ceknya

Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) pun menjamin penyalurannya akan berjalan lancar dan tepat sasaran.

Guna memastikan ketepatan sasaran tersebut, Perum Bulog bersama dinas pangan provinsi dan kabupaten/kota diminta terus melakukan verifikasi dan validasi secara bertahap terhadap data penerima bantuan ini.

Mekanisme verifikasi dan validasi data penerima diperlukan karena data KPM bisa terjadi pembaruan akibat perubahan status sosial ekonomi, perpindahan lokasi, dan kondisi lainnya.

Deputi Ketersediaan dan Stabilitas Pangan Bapanas I Gusti Ketut Astawa mengatakan, verifikasi dan validasi data dilakukan secara berjenjang.

Di tingkat pusat, Bapanas berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembagunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) sebagai walidata KPM.

Kemudian, ditindaklanjuti oleh Bulog bersama-sama dengan unsur perangkat daerah, yaitu Dinas Pangan, Bappeda, Dinas Sosial, serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

"Dengan demikian, bantuan pangan ini tersalurkan dengan baik, lancar, dan tepat sasaran,” kata Ketut dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (8/8/2024).

Baca juga: Pj Kepala Daerah Maju Pilkada Jadi Isu Krusial, Bawaslu Ingatkan Potensi Politisasi Bansos

Penyaluran bantuan beras tahap ketiga telah dimulai pada 1 Agustus 2024 di beberapa daerah yang sudah melalui proses verifikasi dan validasi data.

Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krishnamurti dalam keterangan terpisah mengatakan, saat ini terdapat sembilan provinsi yang data penerimanya telah terverifikasi.

Sembilan provinsi tersebut yakni Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Barat, DIY, Maluku, DKI Jakarta, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Tengah, dan Riau.

Ia menyebut provinsi-provinsi lainya akan segera menyusul mendapatkan bantuan pangan dalam satu hingga dua hari ke depan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini