News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mundur dari Kominfo, Usman Kansong Akan Kembali ke Dunia Jurnalistik dan Bikin Novel

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Usman Kansong saat masih menjabat sebagai Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo di sebuah acara konferensi pers di kantornya, Rabu (26/6/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasca mundur dari jabatannya sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Usman Kansong akan kembali ke dunia jurnalistik dan menulis novel.

Usman Kansong mengaku telah mengundurkan diri sejak 13 Agustus 2024 setelah menjabat sejak 10 Agustud 2021. Dia memilih mundur dengan alasan ingin kembali ke dunia jurnalistik.

Usman Kansong diangkat jadi Dirjen IKP Kominfo lewat Surat Keputusan Presiden No, 108/TPA/2021 tentang Pengangkatan Pejabat Tinggi Madya di lingkungan Kementerian Kominfo.

"Saya akan kembali ke jalan jurnalisme tempat saya dilahirkan," ujar Usman Kansong saat ditemui di kantor Kominfo, Jakarta, Rabu (14/8/2024).

Usman mengaku telah menyelesaikan buku. Saat ini tinggal menunggu penerbitan yang tengah dicetak oleh penerbit.

"Saya juga sedang menyelesaikan novel. Nah itu tolong beli ya biar best seller. Royalty-nya akan saya sumbangkan ke keluarga saya. Terima kasih," canda Usman.

Usman merasa Kominfo butuh penyegaran, terutama dalam jabatan Dirjen IKP. Hal itu disebutnya sebagai alasan utamanya mengundurkan diri. "Saya sudah tiga tahun, sudah butuh penyegaran buat diri saya maupun organisasi," tutur Usman.

Baca juga: Usman Kansong Mengundurkan Diri: Awal Menjabat di Era Johnny G Plate, Berhenti pada Masa Budi Arie

Menurutnya, pengabdian bisa dilakukan di luar pemerintahan. Selain itu, dia berharap penggantinya bisa dilakukan segera mungkin untuk menginformasikan kerja kerja pemerintah.

"Mudah-mudahan tidak terlalu lama sudah ada, penyegaran baru lah," imbuh Usman.

Profil Usman Kansong

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Usman merupakan kelahiran Jakarta, 13 April 1970. Usman lulusan Ilmu Komunikasi FISIP USU, Medan, Sumatra Utara tahun 1994 dan Program Pascasarjana Sosiologi Universitas Indonesia tahun 2005 itu pernah bekerja di Harian Republika (1995-2000).

Sejak tahun 2000, Usman Kansong bekerja di Metro TV (2000-2009) dengan jabatan terakhir News Current Affairs Manager. Sejak 2009 hingga 2020 bekerja di Harian Media Indonesia, dengan posisi terakhir direktur pemberitaan.

Baca juga: Dirjen IKP Kominfo Usman Kansong Mengundurkan Diri: Mengabdi Bisa Dari Mana Saja

Tercatat sebagai board Serikat Jurnalis untuk Keberagaman (Sejuk) dan pernah mendapat beasiswa Chevening di London dan Skotlandia pada 2003.

Usman Kansong juga pernah berpartisipasi dalam “people to people diplomacy” yang digagas Kemkominfo di Rusia dan Belarusia pada tahun 2015 dan Amerika Serikat pada tahun 2016.

Usman Kansong juga pernah menjadi Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019.

Pada 10 Agustus 2021 silam, Usman Kansong resmi dilantik sebagai Dirjen IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika di Media Center kantor Kementerian Kominfo. Pelantikan dilakukan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini