News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kemenperin Dorong Kolaborasi Industri dan Pemangku Kebijakan Lewat Industrial Festival 2024

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Rangkaian Persiapan Pelaksanaan dan Media Gathering Industrial Festival 2024 di Cirebon, Jawa Barat, Jumat (6/11/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, CIREBON - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) resmi meluncurkan gelaran Industrial Festival 2024.

Festival ini diharapkan menjadi wadah kolaborasi antara para pelaku industri, pemangku kebijakan dan publik, dengan tujuan mempercepat pertumbuhan sektor industri di Indonesia.

Sektor industri manufaktur di dalam negeri membutuhkan dukungan dan kontribusi dari masyarakat luas dalam perkembangannya.

Baca juga: Ekonom: Hilirisasi Harus Sejalan dengan Kelestarian Alam, Ingatkan Kegagalan Industri Kayu Lapis

Melalui Industrial Festival 2024, Kemenperin juga berupaya mendorong kolaborasi dan peran aktif para pelaku industri, pemangku kebijakan dan publik secara umum.

"Yang tak kalah penting, untuk mempromosikan dan memperkuat brand image Kementerian Perindustrian sebagai bagian dari ekosistem industri di dalam negeri," tutur Kepala Biro Hubungan Masyarakat Ronggolawe Sahuri dalam rangkaian Persiapan Pelaksanaan dan Media Gathering Industrial Festival 2024 di Cirebon, Jawa Barat, Jumat (6/11/2024).

Melalui Industrial Festival, Kementerian Perindustrian berupaya meningkatkan literasi seputar kebijakan dan kinerja industri, khususnya bagi generasi muda, serta pentingnya peran sektor industri bagi pertumubuhan ekonomi.

"Industrial Festival 2024 diadakan dengan kreatif dan menarik, sehingga bisa dilirik oleh masyarakat luas, terutama kalangan generasi muda, yang nantinya dapat menjadi pemangku kepentingan yang berkontribusi terhadap perkembangan industri," imbuhnya.

Terdapat tiga sesi penyelenggaraan Industrial Festival 2024. Penyelenggaraan pertama, Industrial Festival 2024 akan digelar melalui partisipasi dalam Halal Indo tanggal 26-29 September 2024 di ICE BSD, Tangerang.

Partisipasi Kemenperin dalam Halal Indo dalam bentuk fasilitasi booth bagi pelaku industri dan kawasan industri halal, penyerahan penghargaan Indonesia Halal Industrial Awards atau IHYA 2024 dan Industrial Festival 2024.

Baca juga: Kemenperin Siapkan Jurus Agar Industri TPT Kembali Kokoh

"Salah satu fasilitas menarik yang dihadirkan adalah tunnel interaktif yang berisi edukasi bagi para pengunjung mengenai industri halal," jelas Ronggo.

Untuk penyelenggaraan Industrial Festival 2024 yang kedua, Kemenperin akan berkolaborasi dengan Yayasan Batik Indonesia dalam memperingati Hari Batik Nasional (HBN) 2024.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka Jakarta pada 2 - 6 Oktober 2024, bertepatan dengan perayaan Hari Batik Nasional.

Terakhir penyelenggaraan ketiga Industrial Festival 2024 akan digelar pada November 2024 dan dipersiapkan menjadi puncak dari rangkaian kegiatan festival tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini