News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Presiden Jokowi Akan Segera Tindaklanjuti Pemindahan Pelabuhan Pintu Masuk Impor ke Luar Pulau Jawa

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi. Pemerintah menargetkan pemindahan pelabuhan pintu masuk barang impor tahun ini ke luar Pulau Jawa bisa dilaksanakan.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pihaknya tengah mengusulkan pemindahan pelabuhan impor ke luar pulau Jawa kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). 

Dia berharap, dalam waktu dekat Presiden Jokowi bisa menindaklanjuti usulan tersebut untuk bisa direalisasikan tahun ini.

"Saya sudah usulkan kepada Bapak Presiden, termasuk konsepnya," ujar Agus Gumiwang saat ditemui di acara Annual Indonesia Green Industry Summit (AIGIS) 2024 di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Kamis (19/9/2024).

"Kita berharap dalam waktu dekat ini akan ada tindak lanjut dari Bapak Presiden," sambungnya.

Baca juga: Selama 10 Tahun, Kemenhub Bangun dan Rehabilitasi 193 Pelabuhan dan 116 Bandara

Sebelumnya mengutip Kompas, pemerintah menargetkan pemindahan pelabuhan pintu masuk barang impor tahun ini ke luar Pulau Jawa bisa dilaksanakan paling lambat tahun ini. 

Kepala Pusat Pengawasan Standardisasi Industri Kementerian Perindustrian, Muhammad Taufiq mengatakan, rencana pemindahan pelabuhan tersebut masih dalam tahap pembahasan dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perdagangan.

“Sejauh ini masih proses pembahasan karena ini menyangkut seluruh kementerian dan lembaga terkait karena berkaitan dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Perindustrian. Saya berharap tahun ini supaya ada dampak signifikan untuk usaha dalam negeri,” ujarnya dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (19/8/2024).

Taufiq mengungkapkan, pemindahan pintu pelabuhan impor tidak kunjung dilakukan lantaran infrastruktur yang kurang memadai. Selain itu, tidak banyak pelabuhan di luar Pulau Jawa yang dapat melayani kapal khusus ekspor-impor.

"Dengan demikian, belum banyak pelabuhan di luar Pulau Jawa yang terhubung dengan jalur pelayaran internasional," kata Taufiq.

Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian telah sepakat untuk memindahkan pintu masuk tujuh komoditas barang impor ke bagian timur Indonesia. Tujuh komoditas tersebut yakni tekstil, keramik, alas kaki, pakaian jadi, kosmetik, elektronika, dan pakaian jadi lainnya. 

Pemindahan pintu masuk tersebut hanya akan dilakukan jika pelabuhan tujuan impor di Pulau Jawa sudah kelebihan kapasitas. 

“Pelabuhan pintu masuk barang impor tidak hanya ada di Pulau Jawa, ada di Makassar, Bitung, hingga Sorong. Kami mengusulkan untuk dipindahkan ke bagian timur,” ujar Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Jakarta, Jumat (19/7/2024).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini